Abrasi di Pantai Kuwaru Kian Parah

Abrasi Pantai Kuwaru (JIBI/Harian Jogja/M3)Abrasi Pantai Kuwaru (JIBI/Harian Jogja/M3)

BANTUL—Penduduk sekitar Pantai Kuwaru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul mendesak pemerintah daerah (pemda) setempat membuat breakwater untuk mengurangi abrasi.

Ketua Kelompok Sadar Wisata Pantai Kuwaru, Punijo, mengatakan abrasi telah berlangsung selama 12 tahun. “Kami juga telah berkali-kali meminta breakwater (pemecah gelombang laut) dibangun di sini,” imbuh dia ketika ditemuka Harian Jogja, Rabu (23/5).

Menurut Punijo, sejak tiga tahun terakhir pihaknya sudah bertemu dengan kepala pemerintah daerah setempat dan DPRD Bantul terkait pembangunan breakwater. Pihak pemerintah dan DPRD juga pernah berkunjung ke Kuwaru dan melihat langsung dampak abrasi.

“Pantai Glagah punya breakwater, dan itu efektif menahan gelombang laut,” kata Punijo. Pantai Glagah terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Seperti halnya Kuwaru, pantai tersebut mengalami abrasi. pemerintah setempat membangun breakwater sejak 2006 untuk mengatasi penggerusan pantai.

 

Warga lainnya, Didik, menuturkan breakwater akan sangat membantu menahan gelombang laut. “Gelombang laut akan pecah dan kembali ke laut, tidak langsung ke pantai,” cetus dia.

Abrasi yang terus terjadi di Kuwaru menghambat nelayan dalam mendarat dan menambatkan perahu. Jika dibiarkan, nelayan tidak akan memiliki tempat lagi untuk memarkirkan perahunya.

Pohon cemara udang yang ditanam sekitar sebelas tahun lalu untuk mencegah abrasi ternyata tidak efektif mengatasi penggerusan pantai. Dari sekitar 10.000 ribu pohon yang ditanam, hanya tersisa sebagian. Sebagian lainnya turut tumbang tergerus gelombang laut.

“Akar pohon cemara udang tidak kuat menahan pasir pantai dari gerusan air laut. Pohon-pohon ini hanya bisa menahan angin,” terang Punijo. Sedangkan, pohon bakau tidak dapat ditanam di tanah berpasir sehingga tidak bisa digunakan di Kuwaru.

Abrasi yang berlangsung sejak 2000 telah menggerus sekitar 75 meter bibir pantai. Lebar pantai yang awalnya sekitar seratus meter sekarang berkurang menjadi 30 meter.

Pantauan Harian Jogja, abrasi berlangsung di sepanjang garis pantai. Hal ini tidak hanya membuat nelayan kesulitan, tapi juga mengancam pariwisata Kuwaru, termasuk warung-warung makan yang berjejer di pinggir pantai.

Beberapa wisatawan yang ditemui mengatakan agak takut berjalan di pinggir karena pantai yang semakin curam setelah abrasi. Padahal, pantai ini merupakan tempat tujuan wisata yang baru berkembang.

“Dua tahun lalu saya kemari, pantai ini masih sepi. Sekarang sudah ramai dan banyak yang berjualan,” ujar Urip, warga Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Dia mengatakan Kuwaru memiliki udara yang lebih sejuk dibanding pantai lainnya karena ada pepohonan cemara udang.

Sarijan, warga Kecamatan Sanden, Bantul menuturkan dia sering datang ke Kuwaru karena banyak pepohonan. “Tapi, saya memang menghindari berjalan terlalu dekat dengan garis pantai, karena terlalu curam dan ombaknya cukup besar,” terang dia.

Editor: | dalam: Bantul |
Iklan Baris
  • dibutuhkan tukang sablon

    Dibutuhkan Tukang Sablon, Mahir, Diutamakan Domisili Kasihan Bantul. H: Wijaya Warna 088806108597…

  • distributor cctv

    Distributor, Pemasangan, Konsultasi Perangkat CCTV. Anda Pesan Kami Antar Hubungi: 0851 0700 3233…

  • IRT ingin penghasilan tambahan

    IRT ingin penghasilan tanpa meninggalkan keluarga& waktu yang fleksibel hubungi : pin 23b7e18f, 081995502…

  • dicari kapster potong rambut

    Dicari kapster bisa potong,spa,dan lain lain.Spa khusus wanita gaji + bonus 10% Cendana Salon Jl.Gambiran Hubu…

  • apartemen cluster

    Apartemen Cluster Jogja Condongcatur, Harga 67juta Cocok Untuk Investasi Contact person.(0274)881839, 08773897…

  • ahli sumur dan kuras

    AHLI SUMUR dan kuras/ SEDOT WC, BOWO, Hubungi. 08192630887/ 085701507252, Wonosari-Gunungkidul…

  • Mau tambahan penghasilan

    Bunda mau tambahan penghasilan 4 sampai dengan 7 juta/bulan,copy/scan ktp hubungi: pin 25d7547a, 082225849709…

  • GPS tracker

    GPS Tracker (Mobil) 1,4 (Motor) 800-1,2jt GPS Navigator 800ribu Garansi 1tahun, Hubungi: 02749113119, 08180407…

  • Ahli sumur bor

    Ahli sumur bor/Suntik,Servis Pompa air,Sedot WC,Saluran Bantu dan lain lain.Hubungi:085102173001.Pak Min Jl.So…

  • Dicari bagian administrasi

    Dicari:Karyawati Bagian Administrasi Perkantoran Syarat Jujur,Disiplin,Tanggungjawab Minimal D3/S1 Menguasai P…



Iklan Baris
Menarik Juga »