Jogja
Kamis, 8 November 2012 - 15:27 WIB

Panen, Petani Melon Keluhkan Rendahnya Harga Jual

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/newspaper.li)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/newspaper.li)

BANTUL—Musim panen melon kali ini rupanya belum berpihak kepada para petani di Bantul. Pasalnya, harga jual buah itu ditingkat pengepul anjlok. Sebagaimana dikeluhkan salah satu petani melon di bulak Ngimbang, Pendowoharjo, Sewon.

Advertisement

“Saat ini, harga jual melon di tingkat pengepul hanya berkisar Rp2 juta sampai Rp3 juta per kepek (sekitar satu ton melon),” kata Irwan, salah satu petani melon di bulak Ngimbang, Rabu (7/11/2012). Padahal, ia menambahkan, kualitas melon hasil panenannya cukup baik.

Adapun pada musim-musim panen sebelumnya, dengan kualitas buah yang sama, harga borongan melon per kepek di tingkat pengepul bisa mencapai di atas Rp3 juta. Menurut Irwan, ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya harga jual melon di musim panen saat ini.

Serempaknya musim panen di sejumlah daerah yang juga sentra penghasil melon ditengarai sebagai faktor utama rendahnya harga jual di tingkat pengepul. Sebab, panen bersamaan itu jelas membuat persediaan melon di pasaran melimpah.

Advertisement

Meski harga jual melon tengah merosot, Irwan yang mengelola lahan melon seluas satu hektare itu mengaku tetap bisa menikmati keuntungan. “Memang keuntungannya tidak besar seperti saat harga normal, tetap dapat kembali modal dan memberi upah tenaga,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif