Jogja
Senin, 21 Januari 2013 - 14:15 WIB

Tiga Nama Jalan di Jogja Akan Diganti

Redaksi Solopos.com  /  Laila Rochmatin  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto Istimewa)

JOGJA — Sampai akhir tahun, 3 nama jalan di Kota Jogja akan diganti. Di Jogja, ada sekitar 590 nama jalan.

Tiga nama jalan yang akan diganti yakni Jalan Mangkubumi, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Tri Kora. Untuk nama-nama jalan lainnya menunggu pembahasan.

Advertisement

Kepala Bappeda Jogja Edy Muhammad mengatakan, Jalan Mangkubumi diganti menjadi Jalan Margo Utomo, Jalan Ahmad Yani menjadi Jalan Hargo Mulyo dan Jalan Tri Kora menjadi Jalan Pangurakan. Seluruh jalan tersebut terhubung dengan jalan Malioboro yang namanya tidak diubah.

“Rencananya, ketiga jalan tersebut akan diubah mulai tri wulan keempat atau akhir tahun ini. Itu sesuai dengan usulan para budayawan dan Ngarso Ndalem (Sulten Hamengkubuwono X),” jelas Edy di kantornya, Senin (21/1/2013).

Alasan perubahan nama jalan tersebut didasarkan, pada karakter Jogja tempo dulu, sesuai makna filosofis dan nilai-nilai historis (sejarah) Jogja. Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja, sambung Eddy, akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui SKPD (satuan kerja perangkat daerah). Misalnya, Tapem (Tata Pemerintahan) ke wilayah-wilayah. Kimpraswil, Dishub, Dinas Pariwisata mempersiapkan sarana prasarananya dan memperluas informasi tentang perubahan nama itu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif