KURIKULUM 2013
10 SD Didaftarkan Jadi Percontohan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Solo

SOLO – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo mendaftarakan 10 sekolah dasar (SD) sebagai sekolah percontohan penerapan kurikulum 2013. Masing-masing kecamatan di Solo memiliki dua kandidat sekolah percontohan program tersebut.

Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar SD dan Anak Usia Dini (AUD), Tatik Sudiarti, mewakili Kepala Bidang Pendidikan Dasar SD dan AUD Disdikpora Solo, Wahyono, memaparkan 10 SD yang dimaksud yakni SD Ta’mirul Islam dan SD Negeri Mangkubumen (Kecamatan Laweyan), SD Negeri Kemasan I dan SD Al Islam 2 Jamsaren (Kecamatan Serengan), SD Negeri Harjodipuran dan SD Pangudi Luhur (Pasar Kliwon), SD Negeri Bulukantil dan SD Negeri Sabrang Lor (Jebres) serta SD Kristen Manahan dan SD Negeri Bromantakan (Banjarsari).

Namun, Tatik menegaskan, status kesepuluh SD masih didaftarkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

“Penetapan kesepuluh SD menunggu undangan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng. Saat ini, kami baru mengirimkan data guru kelas I dan kelas IV serta kepala sekolah yang kami daftarkan. Guru yang positif ditetapkan berdasarkan undangan akan mengikuti training of trainer (TOT) operasional kurikulum 2013 di Semarang,” terangya ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (6/5/2013).

Menurut Tatik, selain menerapkan di sekolah masing-masing, guru yang telah mendapatkan TOT berkewajiban menularkan ilmunya kepada guru di sekolah lain. Dia menambahkan, kurikulum 2013 mulai diberlakukan secara bertahap dan terbatas di SD percontohan mulai tahun ajaran 2013/2014, tepatnya bulan Juli mendatang.

Penetapan nominasi sekolah percontohan berdasarkan kuota jumlah SD menjadi percontohan di setiap kabupaten/kota dan status sebagai SD inti.

“Di setiap kabupaten/kota telah ditetapkan 10 SD sebagai sekolah percontohan kurikulum 2013. Adapun pemilihan SD inti karena pertimbangan memiliki sarana prasarana dan tenaga pendidik dinilai memadai untuk proses pengembangan pendidikan,” tuturnya.

Terpisah, Kepala SD Negeri Harjodipuran, Zainal Arif, mengatakan pihaknya sudah menerima pemberitahuan dari Disdikpora Solo terkait rencana percontohan. Namun, hingga kini pihaknya belum menerima sosialisasi lebih lanjut dari Disdikpora Solo. Pihaknya mengaku telah mengirimkan biodata guru kelas I, guru kelas IV dan kepala sekolah kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jateng. Jumlah siswa kelas III yang pada tahun ajaran 2013/2014 menjadi calon penerima kurikulum baru sebanyak 34 anak. Untuk siswa kelas I, pihaknya masih menunggu berakhirnya masa pendaftaran penerimaan siswa baru.

“Secara umum, kami siap untuk menjalani kurikulum baru. Sebenarnya, kuota siswa untuk satu rombongan belajar (kelas) dalam kurikulum baru sebanyak 32 anak. Hal itu berlaku bagi siswa yang baru masuk (kelas I), tetapi jika jumlahnya kurang dari 32 masih diperbolehkan,” terangnya.

Editor: | dalam: Pendidikan |
Iklan Baris
  • paket dvd disain rumah

    Paket DVD Ribuan Design rumah Minimalis dan Taman Istimewa Hanya 98ribu. Hubungi: 0857 3512 6625…

  • pemutihan kartu kredit

    Penutupan/ Pemutihan Kartu Kredit, KTA, Via Jalur Hukum. Bayar 30% Hutang Lunas. 100% Legal dan Aman. Hubungi:…

  • ahli sedot WC/limbah

    Ahli sedot WC/Limbah Saluran Mampet Dengan Tangki Vacum.Hubungi:085100400668 Pak Yatman 085292531172 Langsung…

  • mau omset jutaan

    Mau OMSET JUTAAN jualan dengan Facebook? Buka rahasianya di: http://tinyurl.com/od5w7q3 KESEMPATAN TERBATAS…

  • butuh tenaga admin

    PT CAKRAWALA Butuh tenaga Administrasi Kepegawaian SMS Datadiri Nama,Alamat,Usia,Pendidikan Terakhir ke 089786…

  • Butuh dana tunai

    Jaminkan BPKB Motor Mobil Anda Mulai Tahun 2000. Syarat Lengkap & Masuk Kategori. Pasti ACC, 1 Jam Cair.H…

  • Dibutuh penjaga kios pasar bringharjo

    Dibutuhkan Segara Karyawan/karyawati Untuk Jaga Kios Di Pasar. Beringharjo. Syarat: Jujur,Gaji Menarik. Hubung…

  • Rumah siap huni jakal

    Rumah Siap Huni IMB Cash/KPR-Dekat UII/Waterboom-Jalan kaliurang/Pelanggan T36/96 279juta- T36/102 289juta- T4…

  • butuh dana cepat?

    Mega solusi. Butuh dana cepat,jaminan Bpkb motor minimal 2006,Take Over,dalam/luar kota.Proses cepat/aman. 081…

  • Ready baja ringan

    Baja Ringan 95ribu/m2, SNI Software Baja Ringan. Hubungi: 0877 3905 2191…



Iklan Baris

    No items.

Menarik Juga »