Jogja
Jumat, 19 Juli 2013 - 10:49 WIB

Sambut Lebaran, Pantai Sepanjang Siapkan 50 Gazebo

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah Pekerja menyelesaikan pembangunan gazebo di Pantai Sepanjang Gunungkidul, Kamis (18/7/2013).

JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
Pekerja menyelesaikan pembangunan gazebo di Pantai Sepanjang Gunungkidul, Kamis (18/7/2013).

Harian Jogja.com, GUNUNGKIDUL—Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul mengejar target bisa menyelesaikan 50 gazebo sebelum Lebaran.

Advertisement

Ketua Pokdarwis Pantai Sepanjang, Priyo Subiyo, mengatakan target ditetapkan karena di saat Lebaran, Sepanjang dipenuhi wisatawan.

“Biar nanti saat Lebaran, Pantai Sepanjang sudah rapi dan bersih,” jelas dia kepada Harian Jogja ketika ditemui di Pantai Sepanjang, Kamis (18/7/2013).

Priyo mengatakan sampai kemarin sudah ada 23 gazebo yang berdiri sejak program pembangunan diluncurkan sebulan lalu. Dia optimistis bisa mencapai target tersebut karena waktu yang tersedia masih banyak.

Advertisement

Pedagang yang bernaung di Pantai Sepanjang ada sekitar 300 pedagang. Namun, hanya 100 pedagang yang memiliki bangunan di pinggir pantai. Pokdarwis menargetkan tahun ini pembangunan 100 gazebo bisa selesai.

Untuk membangun sebuah gazebo yang terbuat dari bambu, daun tebu atau daun ilalang, kelompok wisata menghabiskan dana Rp1,75 juta. Para pedagang pun setuju untuk swadaya membangun gazebo.

Salah satu pemilik kios di Pantai Sepanjang, Winarto, mengaku tak keberatan dengan program tersebut. Ia malah menyambut baik kesepakatan tersebut. “Kalau semua seragam pakai gazebo kan terlihat rapi. Wisatawan pun semakin ramai sekarang,” papar dia.

Advertisement

Winarto yang sudah memiliki satu gazebo pun menambah satu lagi gazebonya. Ia juga berencana mengubah bangunan untuk memasak menjadi sebuah gazebo sehingga menjadi lebih rapi lagi. Sejak dibangun gazebo, pengunjung yang biasanya 100 orang menjadi 200 orang di akhir pekan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif