Jogja
Kamis, 7 November 2013 - 14:44 WIB

ASRAMA MAHASISWA : Perguruan Tinggi Diharapkan Punya Asrama Mahasiswa

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi asrama (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA—Perguruan Tinggi (PT) di wilayah DIY diharapkan memiliki asrama khusus untuk menampung mahasiswa baru sebelum dilepas berbaur dengan masyarakat.

Menurut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, keberadaan asrama mahasiswa yang disediakan masing-masing kampus dapat memupuk dan memperkuat kebersamaan mahasiswa di DIY yang berasal dari berbagai daerah.

Advertisement

Pasalnya, keberadaan asrama mahasiswa tersebut dibangun tanpa melihat latar belakang asal mahasiswa. Hal itu dinilai Sultan berbeda dengan keberadaan asrama yang dibangun pemerintah kabupaten atau kota yang peruntukannya hanya untuk mahasiswa asal daerahnya.

“Kalau mereka tinggal selama setahun di asrama mahasiswa, mereka dapat membangun kebersamaan karena berasal dari beragam suku, budaya, dan agama. Ketika berbaur dengan masyarakat kebersamaan mereka sudah kuat dan tidak memulai dari nol lagi,” kata Sultan di sela peletakan batu pertama pembangunan rumah susun asrama mahasiswa UGM Kinanti dua dan Kinanti tiga di Gang Kinanti, Barek, Sinduadi, Sleman, Rabu (6/11/2013).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif