Jogja
Kamis, 12 Desember 2013 - 18:44 WIB

Cari Kerang, Nelayan Dapat Peluru

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Seorang nelayan Sarpan, 50, menemukan ratusan peluru saat hendak mencari kerang dan bulu babi di Pantai Ngandong, Dusun Pulegundes, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Rabu (11/12/2013).

Sarpan menuturkan setelah melaut, ia berniat mencari kerang dan bulu babi sekitar pukul 10.00 WIB. Ketika menyusuri daerah sekitar jalur kapal ia melihat ada benda asing di cerukan batu.

Advertisement

“Saya ambil dan ternyata isinya peluru. Kemudian peluru tersebut saya bawa pulang dan langsung lapor ke Polres Gunungkidul. Saya pikir sudah tidak aktif karena sepertinya sudah lama di laut,” tutur dia kepada Harianjogja.com, Kamis (12/12/2013).

Peluru yang berjumlah 123 butir tersebut akhirnya diamankan Tim Gegana Polda DIY. Sebelum dibawa, terlebih dahulu Gegana membersihkan dan melepas selongsongnya di Mapolres Gunungkidul, Kamis (12/12/2013)

Kepala Polres Gunungkidul Ajun Komisaris Besar (AKB) Faried Zulkarnaen mengatakan peluru yang ditemukan nelayan tersebut ada tiga jenis yaitu kaliber 50 milimeter, 42 milimeter dan sembilan milimeter.

Advertisement

“Peluru ini ditemukan dalam satu kotak aluminium yang sudah rusak dan berkarat,” kata Faried.

Faried mengaku belum mengetahui apakah peluru tersebut berasal dari satuan organik atau ilegal. “Semua peluru diamankan Gegana untuk diteliti,” ucap dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif