Jogja
Kamis, 20 November 2014 - 01:20 WIB

Maling Spesialis Rumah Kosong Diringkus Polisi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencuri (JIBI/Harian Jogja/Hengky Irawan)

Harianjogja.com, JOGJA-Unik Satria, 40, warga Brebes, Jawa Tengah, diringkus petugas Polsekta Gondokusuman di wilayah Prambanan, Sleman, Rabu, pekan lalu. Ia diduga spesialis pencurian rumah kosong yang sudah diincar polisi sejak Juli.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsekta Gondokusuman Iptu Purnomo, Rabu (19/11/2014) mengatakan tersangka sudah menjadi target penangkapan sejak terjadi pencurian sepeda motor dan komputer di rumah Bayu Kharisma, 25, di Kampung Danukusuman, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman pada 16 Juli lalu.

Advertisement

Saat itu, ujarnya, rumah korban ditinggal liburan ke Bali. Sementara kunci rumah dititipkan kepada tetangganya. Kemudian tersangka yang juga adalah tetangga korban mengetahui rumah korban dalam keadaan kosong. Tersangka lalu meminjam kunci rumah korban dengan alasan atas perintah pemilik rumah.

Tersangka masuk rumah korban dan mengambil satu unit komputer merk Samsung, dan dua sepeda motor yaitu Daiheiyo AB 5792 EL dan sepeda motor suzukki AB 4098 YH. Aksi tersangka itu tidak dicurigai oleh tetangga korban yang dititipi kunci rumah.

Berhasil mengambil barang berharga di rumah korban, tersangka kemudian melarikan diri ke wilayah Klaten.

Advertisement

“Barang bukti sepeda motor kita temukan di Klaten tiga hari setelah penangkapan tersangka,” kata purnomo.

Sementara untuk komputer hingga kemarin siang polisi masih melakukan pencarian. Purnomo menduga tersangka melakukan pencurian juga di lokasi lainnya. Hal itu terlihat dari gelagat tersangka yang pindah-pindah tempat tinggal.

“Sepertinya spesialis pencurian rumah kosong, makanya kita masih dalami,” ucap Purnomo.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif