Jogja
Senin, 22 Desember 2014 - 09:20 WIB

WISATA JOGJA : Warung Kampayo, Tampil Lebih Baru dengan Modal Patungan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penampilan salah satu band reguler Javanesse di panggung Warung Kampayo, belum lama ini. (JIBI/Harian Jogja/Arief Junianto)

Harianjogja.com, JOGJA-Wisata Jogja yang satu ini merupakan panggung Seni yang terletak di kawasan XT Square, Warung Keluarga Musisi Penyanyi Artis Panggung (Kampayo). Setahun dikelola secara sosial, Warung Kampayo kini dikelola secara profesional.

Ketua Umum Kampayo KRMT Indro Kimpling Suseno mengatakan selama setahun terakhir pihaknya melakukan uji coba pendirian Warung Kampayo di lokasi tersebut. Guna membiayai panggung seni tersebut, pihaknya mendapat pembiayaan dari donasi seadanya dan kotak sumbangan sukarela yang terpasang di depan panggung. Bahkan kotak sumbangan itu pun kini telah menjadi semacam trademark dari Warung Kampayo.

Advertisement

“Itulah sebabnya, kami tidak akan menghilangkan kotak itu. Itu sudah jadi trademark dari panggung Warung Kampayo selama setahun ini,” ujarnya saat menggelar jumpa pers di Legend Cafe, Sabtu (20/12/2014)

Ia mengaku tak menyangka donasi spontanitas yang tergalang melalui kotak tersebut cukup tinggi. Dalam semalam, hasil donasi dari kotak tersebut mencapai Rp3 juta atau setidaknya menyumbang 30% dari total keseluruhan pemasukan. Meski dikelola secara profesional, ia mengaku pendanaan untuk Warung Kampayo tersebut murni patungan dari 29 orang yang tergabung dalam Kampayo itu sendiri.

Ia berharap hal ini bisa menginspirasi para pelaku seni untuk berani tampil tanpa harus menunggu dukungan dari pemerintah. Pemaksimalan Warung Kampayo itu sendiri menurutnya memiliki beberapa tujuan. Di antaranya adalah untuk memecah keramaian objek wisata Malioboro, sebagai pusat layanan entertainment dan kuliner di kawasan Jogja bagian selatan, serta diharapkan bisa meningkatkan pendapataan bagi para pelaku bisnis usaha kecil dan menengah.

Advertisement

Selain itu, dengan kian menariknya tampilan Warung Kampayo, ia berharap akan bisa mengundang lebih banyak tokoh-tokoh berpengaruh, baik yang bersifat lokal maupun nasional untuk bisa hadir. Dengan begitu, para musisi Jogja bisa memperluas wacana dan jaringannya. Dijelaskannya, pentas seni di panggung Warung Kampayo kini sudah bisa digelar sejak siang hari. Hanya saja, untuk siang hari, pihaknya akan menampilkan performance kelompok-kelompok musik akustik jalanan.

“Barulah malam harinya, mulai pukul 20.30, kami menggelar pentas reguler,” imbuh Kimpling.

Rencananya, konsep baru panggung Warung Kampayo tersebut secara resmi akan dibuka pada Senin (22/12) malam mendatang. Dalam acara pembukaan itu, pihaknya akan menampilkan 3 band andalan Warung Kampayo yang tampil dalam show reguler nantinya, yakni Dr.Feel Good, Encore, dan Emperial. Selain itu, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti juga dijadwalkan akan membuka secara resmi acara tersebut.

Advertisement

Jadwal pentas reguler band Warung Kampayo
Senin : Dr.Feel Good (Classic Rock)
Selasa : Dexter (Pop)
Rabu : Encore (Pop)
Kamis : Kinara (Pop)
Jumat : Seven King (Pop)
Sabtu : Javanesse (Pop Rock)
Minggu : Emperial (Pop)
*Show dimulai pukul 21.00-00.00

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif