Jogja
Rabu, 21 Januari 2015 - 08:20 WIB

BUS TRANS JOGJA : Armada Lama Jadi Bus Sekolah

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah karya instalasi kupu-kupu dipasang pada langit-langit halte Trans Jogja di Jalan Margomulyo, Yogyakarta, seperti terlihat pada Sabtu (14/6/2014). Pada 2016 mendatang sedikitnya 100 bus baru akan beroperasi.

 

Bus Trans Jogja, awal 2016 ditargetkan 100 bus baru sudah mulai beroperasi.

Advertisement

Harianjogja, JOGJA—Kabar gembira bagi para pengguna angkutan umum di Jogja. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informastika DIY memastikan penambahan 167 armada Trans Jogja tahun depan adalah kendaraan baru. Artinya, 74 unit Trans Jogja yang beroperasi saat ini bakal dikandangkan.

“Yang ada sekarang 74 bus nanti tidak dipakai lagi. Bisa dimanfaatkan ke yang lain misalnya ke pariwisata atau menjadi bus sekolah,” kata Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Trans Jogja Dishubkominfo DIY, Agus Minang Satyo Nugroho, dalam rapat bersama Pansus DPRD DIY soal perpanjangan perjanjian kerja sama Pemda DIY dan PT.Jogja Tugu Tugu Trans (JTT), Selasa (20/1/2015).

Menurut Agus, masa lelang akan digelar Februari mendatang dan diperkirakan memakan waktu tiga bulan. Setelah itu pihak pemenang lelang bisa langsung mendatangkan armada baru. Pemerintah hanya membeli pelayanan atau sistem buy the service dengan biaya operasional kendaraan.
Diakui Agus, proses produksi bus dimungkinkan tidak bisa langsung memenuhi target karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Tapi tahap awal 100 unit harus sudah beroperasi awal 2016,” kata Agus. Dengan 100 unit trans, jalur bertambah dari delapan jalur menjadi 11 jalur.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif