Jogja
Senin, 9 Februari 2015 - 21:20 WIB

BANGUNAN CAGAR BUDAYA : Berikut Daftar yang Segera Diperbaiki

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Plengkung Gading.dok

Bangunan cagar budaya di sejumlah kawasan di Kota Jogja segera diperbaiki. Disbudpar Kota Jogja juga akan bekerja sama dengan sejumlah instansi untuk memperkuat karakter di masing-masing kawasan.

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Jogja akan memperbaiki sejumlah bangunan cagar budaya (BCB).

Advertisement

Kepala Disparbud Kota Jogja, Eko Suryo Maharso merencanakan perbaikan untuk sejumlah bangun-bangunan cagar budaya seperti gardu listrik kuno di Kotagede dan Kotabaru maupun daerah lain.

“Tahun ini, kami juga menyusun perencanaan perbaikan untuk berbagai rumah atau ndalem yang masuk kategori warisan budaya seperti rumah-rumah penduduk di Bintaran dan Ndalem Kaneman [ Rumah GKR Anom Adibrata, kakak kandung Sri Sultan HB X di Jalan Kadipaten Kidul 44 Jogja],” katanya, Minggu (8/2/2015).

Eko mengatakan sudah mengusulkan pembelian tanah dan bangunan warisan budaya yang berada di kawasan Kraton dan Kotagede ke Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta. (Baca Juga : PENATAAN KOTA JOGJA : Pemkot Tertibkan Bangunan Yang Menutupi Benteng).

Advertisement

Bangunan itu akan direhabilitasi dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas seperti tempat atraksi budaya sekaligus memperkuat karakter suatu kawasan.

“Kami juga terus menguatkan kerja sama dengan sejumlah universitas yang memiliki Fakultas Ilmu Budaya untuk mata kuliah budaya ‘gagrag Ngayogyakarta’,” kata Eko.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif