Jogja
Kamis, 12 Februari 2015 - 20:40 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Jelang Imlek, Harga Sembako Stabil

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pedagang di pasar tradisional. (Harian Jogja-Endro Guntoro)

Harga kebutuhan pokok menjelang tahun baru imlek justru stabil.

Harianjogja.com, JOGJA-Menjelang perayaan tahun baru Imlek, 19 Februari mendatang, harga kebutuhan pokok di wilayah DIY masih relatif stabil. Beberapa harga komoditi mengalami fluktuasi harga meski hanya sedikit. Diprediksi harga pasaran saat ini relative stabil hingga perayaan Imlek mendatang.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com di pasar tradisional Bringharjo dan Kranggan menunjukkan harga yang stabil tinggi jelang Imlek di antaranya harga beras, daging ayam dan telur. Sementara harga komoditas yang mengalami penurunan adalah komoditas cabai.

Pedagang telur ayam, Pardianto, mengaku harga telur masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Harga telur ayam masih stabil tinggi antara Rp19.000 hingga Rp20.000 per kg.

“Kalau di agen Rp18.000 tapi kalau di eceran bisa Rp19.000 sampai Rp20.000 per kilogramnya,” ujar Pardi di Pasar Beringharjo, Rabu (11/2/2015).

Advertisement

Sementara harga daging ayam, kata Murniasih, juga stabil diangka Rp30.000 per kg. Menurutnya, selain faktor musim hujan, pengiriman barang juga mempengaruhi harga.

“Apalagi sebentar lahi ada perayaan imlek. Untuk komoditas lain seperti minyak goreng, gula dan bawang harganya juga masih stabil, belum naik. Minyak goreng Rp11.000 per liter dan gula pasir masih Rp10.000 per kg, bawang merah dan putih Rp16.000 per kg,” tuturnya.

Setali tiga uang, harga beras di pasaran juga stabil tinggi diangka Rp9.500 per kg. Stabilnya harga beras tersebut disebabkan karena pasokan terbatas karena belum masuk masa panen.

Advertisement

“Harga beras kemungkinan turun mendekati panen akhir Februari nanti,” jelas Sunyoto salah seorang pedagang beras di Pasar Kranggan, Jogja.

Harga kebutuhan masyarakat yang paling mencolok turun adalah komoditas cabai. Dalam hitungan pekan, harga cabai terus melorot seiring semakin dekatnya panen raya. Saat ini, harga cabai hanya dihargai belasan ribu rupiah saja. Untuk harga cabai merah kriting saat ini dijual Rp15.000 perkg dan cabai merah besar dipatok Rp14.000 perkg. Sementara, untuk cabai rawit merah dan hijau, masing-masing dihargai rata-rata Rp24.000.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif