Jogja
Jumat, 13 Februari 2015 - 18:20 WIB

LONGSOR KULOPROGO : Rusak Lima Rumah Lagi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa relawan membersihkan material longsor di salah satu rumah di Dusun Magermalang, Desa Gerbosari, Samigaluh, Kamis (12/2/2015). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S.)

Longsor Kulonprogo yang terjadi Kamis (12/2/2015) mengakibatkan lima rumah rusak.

Harianjogja.com, KULONPROGOTanah longsor kembali terjadi dan menyebabkan lima rumah rusak. Kerusakan terparah menimpa rumah Sudrajat, 28, warga Dusun Magermalang, Desa Gerbosari, Kamis (12/2/2015).

Advertisement

Tebing setinggi 15 meter ambrol menimpa rumah Sudrajat. Akibat musibah tersebut dinding dua kamar dan satu dapur jebol terhantam material longsor. Dari pantauan di tempat kejadian, gundukan tanah masuk ke dalam rumah setinggi lebih dari satu meter. Sudrajat menuturkan peristiwa tersebut dipicu hujan deras yang mengguyur
pada dini hari. Dia mengatakan hujan turun sekitar pukul 00.00 WIB.

“Sekitar jam 01.00 WIB listrik sempat mati dan dalam kondisi gelap, terdengar suara gemuruh longsor. Posisinya dinding kamar sudah jebol terkena material,” ungkap Sudrajat.

Saat itu, lanjut Sudrajat, sang anak sempat menangis. Ketika terbangun melihat dinding sudah jebol, satu keluarga tersebut langsung lari menyelamatkan diri. Akibat kejadian tersebut, diprediksi kerugian mencapai puluhan juta rupiah.

Advertisement

“Sebenarnya juga masih was-was, tapi kami sementara tidak mengungsi dulu,” ujar Sudrajat.

Panjang longsoran di dusun tersebut mencapai 20 meter dan menimpa dua rumah. Selain rumah Sudrajat, dapur milik Muharjani rusak parah tertimpa material longsor. Tanah longsor juga menjebol dapur milik Rohman, 55, warga Dusun Keceme yang berada di Desa Gerbosari. Selain di Desa Gerbosari, longsor juga terjadi di Dusun
Kaliduren Desa Kebonharjo dan Dusun Wonogiri Desa Sidoharjo.

Sejumlah personil Polsek Samigaluh dan Polres Kulonprogo dikerahkan membantu warga membersihkan material longsor. Kapolsek AKP Lucia Srihartati mengungkapkan ada tiga titik longsor yang terjadi Rabu (11/2) malam.

Advertisement

“Gotong royong kami fokuskan di Magermalang, di sini ada dua rumah yang terkena longsor. Ada 56 personil, dari Polsek dan Polres yang dikerahkan untuk membantu warga membersihkan material longsor,” ujar Lucia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif