Jogja
Selasa, 17 Februari 2015 - 13:20 WIB

PENCURIAN JOGJA : Nyolong Helm di Markas Brimob, Buruh Bangunan Bonyok

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi maling helm (JIBI/Harian Jogja/Hengky Irawan)

Pencurian Jogja pada pekan lalu terjadi di Markas Brimob Polda DIY.

Harianjogja.com, JOGJA-Suryadi alias Besur alias Bego, 27, warga Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, harus meringkuk kesakitan di Penjara Polsekta Gondokusuman Jogja. Buruh bangunan tersebut bonyok dihakimi massa setelah tertangkap basah mencuri helm di Markas Brimob Polda DIY, Sabtu (14/2/2015) malam lalu. (Baca Juga : KISAH UNIK : Jual Barang Curian ke Pemilik, Maling ini Langsung ‘Diciduk’)

Advertisement

Kanit Reskrim Polsekta Gondokusuman Iptu Purnomo mengatakan, kejadian pencurian itu terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. Saat itu tersangka menyelinap masuk Markas Brimob di Baciro Gondokusuman, Jogja, dengan memanjat pagar bagian sisi selatan.

Tersangka kemudian masuk area parkir kendaraan sepeda motor, lalu mengambil helm merk BMC milik salah satu anggota Brimob Brigadir Suhaemi. Tersangka sempat berhasil membawa helm hingga pintu gerbang Brimob.

“Petugas piket penjagaan curiga melihat orang asing keluar bawa helm dengan berjalan kaki,” kata Purnomo, Senin (16/2/2015)

Advertisement

Tersangka dihentikan petugas. Namun saat didekati tersangka melarikan diri. Sementara helm curiannya ditinggal. Petugas piket Brimob malam itu langsung mengejar tersangka sampai ke Jalan Kompol Suprapto Baciro. Tersangka tertangkap kemudian diserahkan ke Polsekta Gondokusuman Jogja, untuk diproses.

Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman empat tahun penjara. Barang bukti yang disita polisi adalah satu buah helm seharga Rp300.000 dan satu unit sepeda ontel milik tersangka yang ditinggal tak jauh dari Markas Brimob.

Sementara itu Suryadi berdalih nekat mencuri helm karena tidak memiliki uang untuk makan. Ia tidak mengetahui helm yang dicurinya itu adalah milik polisi.

Advertisement

“Saya asal ambil saja,” ucapnya di kantor polisi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif