Jogja
Sabtu, 21 Februari 2015 - 22:20 WIB

LION AIR DELAY : Penerbangan di Jogja Kena Imbas

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon penumpang Lion Air telantar di Bandara Soetta, Jumat (20/2/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Iqbal)

Lion Air delay, dibanding Kota lain, Jogja terbilang aman tetapi bagaimanapun juga jadwal penerbangan sempat terganggu

Harianjogja.com, SLEMAN- Jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat di Bandara Adisucipto Jogja terkena imbas dari delay-nya penerbangan pesawat Lion Air sejak Rabu (18/2/2015) lalu melalui keberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Advertisement

Dari pantauan Harianjogja.com, Jumat (20/2/2015) malam sejumlah penerbangan mengalami keterlambatan minimal satu jam dari jadwal kedatangan. Tidak hanya itu, dilaporkan delay yang terjadi di Bandara Soekarno Hatta cukup berdampak pada molornya jadwal kedatangan maupun keberangkatan penerbangan di Bandara Adisucipto dari semua jurusan.

Pesawat Lion Air JT523 dari Banjarmasin, misalnya, yang seharusnya tiba di Jogja pukul 18:15 WIB belum jelas kedatangannya.

Advertisement

Pesawat Lion Air JT523 dari Banjarmasin, misalnya, yang seharusnya tiba di Jogja pukul 18:15 WIB belum jelas kedatangannya.

“Kabar yang saya dapat, pesawat dari Banjarmasih baru pukul 24.00 WIB berangkat. Menurut rencana tiba di Jogja pukul 01.30 WIB. Tapi itu belum ada kepastian,” kata salah seorang petugas informasi Bandara Adisucipto Jogja yang enggan disebut namanya.

Sementara, pesawat Lion Air JT677 Balikpapan seharusnya tiba di Jogja pukul 19:10 WIB baru sampai pukul 21:30 WIB. Adapun penerbangan Lion Air JT754 Bandung-Jogja yang seharusnya tiba pukul 17:30 WIB baru landing pukul 19:08 WIB. Yang terparah, penerbangan Lion Air JT 276 Batam-Jogja yang seharusnya tiba pukul 11:45 ternyata baru sampai di Jogja pukul 18:55 WIB.

Advertisement

Akibatnya, sejumlah penumpang, calon penumpang maupun penjemput yang menunggu keberangkatan dan
kedatangan pesawat terlihat duduk-duduk di sekitar area bandara.

“Saya sampai bosan mutar-mutar di atas. Apalagi dari sana sudah telat berangkat pukul 17.00 WITA,” keluh Amalia penumpang asal Makasar yang baru sampai di Bandara Adisucipto.

Kekesalan juga tampak dari wajah Yohana. Dia mengaku menunggu temannya dari Jakarta.

Advertisement

“Seharusnya datang jam 19.30 WIB. Tapi, sampai pukul 20.30 WIB juga belum datang. Lama delay-nya,” jawab dia, gusar.

Kepala Bagian Humas Bandara Adisucipto, Edwin Wibowo mengatakan, keterlambatan baik kedatangan maupun keberangkatan antara dua sampai tiga jam. Kondisi tersebut, katanya, tidak selama yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

“Apalagi ini waktu weekend. Jogja dikunjungi banyak wisatawan karena long weekend (libur Imlek),” ujar Edwin kepada wartawan, kemarin.

Advertisement

Edwin menjelaskan, saat ini kondisi bandara masih dalam kondisi aman.

“Tidak ada penumpang yang marah-marah apalagi merusak. Di sini kondisinya aman,” tutup Edwin.

Sayang, hingga berita ini ditulis Station Manager Lion Air Bandara Adisutjipto Jogja Yusuf Nurul Hadi belum dapat dihubungi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif