Jogja
Senin, 23 Februari 2015 - 00:20 WIB

MASALAH LINGKUNGAN : Belasan Sumur Kuno Akan Dipantau

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sumur timba (JIBI/Solopos/Dok.)

Masalah lingkungan terutama ketersediaan air bersih menjadi perhatiaan Pemkab Kulonprogo. Termasuk kebersihan air sumur kuno.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Sebanyak 15 sumur di lingkungan kantor milik pemerintah dan sekolah akan dipantau. Upaya itu dilakukan untuk mengetahui kelayakan sumur.

Advertisement

“Ada beberapa SKPD yang masih memiliki sumur. Kami akan melakukan pemantauan terhadap sumur-sumur tersebut, kaitannya dengan kualitas air untuk minum,” ujar Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kulonprogo Suharjoko kepada Harianjogja.com, Jumat (20/2/2015).

Suharjoko mengatakan kebanyakan bangunan-bangunan kuno masih menggunakan sumur sebagai sumber air. Kebanyakan bangunan-bangunan sekolah di kabupaten ini masih menggunakan sumur. Sementara sebagian besar perkantoran di lingkungan pemkab telah menggunakan air dari PDAM.

“Kami akan melakukan pemantauan kondisi fisik sumur. Kira-kira masih aman atau tidak untuk digunakan. Kami akan identifikasi nanti,” imbuh Suharjoko.

Advertisement

Menurut Kasi Pemantauan KLH Kulonprogo Sudarmadi, jadwal pemantauan menunggu instruksi dari pusat. Kemungkinan akan dimulai pada bulan Maret mendatang. Parameter pemantauan yang akan digunakan cukup banyak.

Dia mengungkapkan sebelumnya pemantauan sumur pernah dilakukan. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan Dinas Kesehatan, khususnya di kawasan yang berpotensi adanya pencemaran. Di antaranya, pemantauan pernah dilakukan di salah satu sekolah menengah kejuruan di daerah Kokap. Sumur di sekolah tersebut tercemar limbah dari aktifitas penambangan.

“Nanti, kami hanya lakukan pemantauan fisik. Selain itu, dilakukan juga pengambilan sampel. Sebagian diuji
langsung, ada juga yang dibawa ke laboraturium khusus,” jelas Sudarmadi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif