Jogja
Sabtu, 28 Februari 2015 - 20:20 WIB

SEKOLAH POLISI : Pendaftaran Polisi Sumber Sarjana Dibuka, Ini Syaratnya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi topi perlambang wibawa polisi (JIBI/Solopos.com/Dok.)

Sekolah polisi, tepatnya pendaftaran untuk Polisi Sumber Sarjana dibuka.

Harianjogja.com, SLEMAN – Polda DIY selaku Panitia Daerah (Panda) membuka pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) sejak 22 Februari hingga 10 Maret 2015 mendatang. Penerimaan personel baru itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/359/II/2015 tanggal 17 Februari 2015.

Advertisement

Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti menjelaskan dalam SIPSS tahun ini jurusan lulusan S-1 yang dibutuhkan cukup banyak, terutama Sarjana Fakultas Teknik. Antara lain Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Sipil, Teknik Perkapalan, Teknik Lingkungan, Nuklir, Metalurgi dan Teknik Penerbangan. Selain
itu masih dibutuhkan jurusan lain seperti Sastra Arab, Sastra Mandarin, Sastra Jepang, Desain Grafis, Ekonomi Pembangunan, MIPA Biologi, Sandi Negara, Keolahragaan, Agama Islam (Dakwah), Katholik dan manajemen Logistik.

“Masyarakat yang memiliki ijazah tersebut dapat mengikuti seleksi,” ungkap Anny dalam rilis, Jumat (27/2/2015).

Ia menambahkan sedangkan untuk lulusan D IV yang dibutuhkan yaitu dari Ahli Nautik tingkat IV, Manajemen Logistik, Isntrumen dan Elektronika.

Advertisement

“Bagi lulusan PTS harus terakreditasi minimal B oleh BAN-PT, kemudian IPK minimal 2,70. Para pendaftar maksimal berumur 26 tahun pada saat pembukaan pendidikan dimulai 10 April 2015. Berat badan pria 160 sentimeter dan wanita 155 sentimeter, belum menikah,” urai dia

Masyarakat yang sesuai dengan persyaratan itu dapat mendaftar ke ruang Subbagdiaper Bagdalpers, Biro SDM Polda DIY pada Senin hingga Jumat hingga 10 Maret 2015 mendatang. Selain itu pendaftaran juga dapat dilakukan secara online di www.penerimaan.polri.go.id. Setelah mendaftar secara online, calon peserta seleksi harus segera mendatangi Polda DIY. Paling lambat sehari setelah mendaftar via online.

“Setelah daftar online datang ke ruang Subagdiapers Biro SDM Polda DIY menunjukkan nomor registrasi. Di web itu sudah sangat lengkap cara mendaftarnya,” imbuhnya.

Advertisement

Para pendaftar akan melalui beberapa seleksi di tingkat Panda yaitu pemeriksaan administrasi, kesehatan tahap I dan II serta sidang kelulusan tingkat Panda. Kemudian setelah lolos di tingkat Panda akan dilakukan seleksi panitia pusat seperti administrasi, pemeriksaan kesehatan termasuk kejiwaan. Kemudian pengujian kemampuan jasmani, psikologi, wawancara, PMK dan uji akademik seperti tes TOEFL.

“Proses penerimaan tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif