Jogja
Rabu, 4 Maret 2015 - 10:20 WIB

Kabur 2 Tahun, Buron Polres Gunungkidul Ditembak

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penembakan (lintasterkininews.com)

Kabur selama 2 tahun, seornag buron Polres Gunungkidul dilumpuhkan dengan tembakan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Perjalanan buronan polisi selama dua tahun, Wagito, akhirnya berakhir dengan bersarangnya timah panas di bagian betis kanan, Jumat (27/2/2015).

Advertisement

Warga Dusun Bulu, Desa Bejiharjo itu, ditembak karena berusaha kabur saat ditangkap di rumah.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Gunungkidul AKP Herry Suryanto mengatakan, pelaku menjadi buronan polisi sejak 2013 lalu. Saat itu, Geco sapaan akrabnya terlibat pencurian emas seberat sepuluh gram milik Bambang Sukoco, warga Wareng, Wonosari.

“Dia juga sering mencuri tanaman hias. Malahan, dia sempat dihukum selama tujuh bulan di Polres Klaten,” kata Herry, Selasa (3/3/2015).

Advertisement

Selama pelarian, pelaku terus berpindah-pindah tempat, hingga akhirnya kembali ke rumah di Dusun Bulu.
“Sebelum ditangkap, kami juga sempat mengawasi dia. Kami terpaksa menembak pelaku, karena berusaha kabur dan melawan petugas,” ujar dia.

Herry mengakui, pelaku termasuk orang yang lihai. Sebab, saat diperiksa petugas, keterangan yang diberikan selalu berubah-ubah.

“Mungkin sudah terbiasa, karena masuk dalam kategori residivis. Dia masuk penjara karena kasus yang sama,” katanya.

Advertisement

Sementara itu, Geco mengaku selama dua tahun terus berpindah-pindah tempat. Uang hasil mencuri digunakan sebagai bekal melarikan diri.

“Paling lama saya tinggal di Jakarta dan sempat bekerja di sana,” ungkap Geco.

Dia tidak menyangka akan ditangkap polisi. Sebab, pelarian selama dua tahun dikira sudah aman dan tidak dikejar polisi lagi. “Saya kapok dan tidak akan mengulangi lagi,” ungkap dia.

Atas perbuatannya itu, Geco saat ini mendekam di ruang tahanan Polres Gunungkidul. Dia pun dijerat pasal 363, dengan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun penjara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif