Jogja
Jumat, 6 Maret 2015 - 10:20 WIB

UMAT HINDU DI JOGJA : Persembahyangan Purnama Digelar di Pura Jagatnatha

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Espos/Ratna Puspita Dewi

Umat Hindu di Jogja menggelar persembahyangan Purnama.

Harianjogja.com, BANTUL – Umat Hindu yang tinggal Bantul dan sekitarnya menggelar ibadah persembahyangan purnama di Pura Jagatnatha Banguntopo di Sorowajan, Banguntapan, Bantul, Kamis (5/3/2015).

Advertisement

Ibadah rutin digelar setiap 15 hari sekali diikuti pemeluk hindu warga sekitar juga mahasiswa luar daerah beragama hindu yang tinggal di Yogyakarta. Kegiatan ibadah persembahyangan purnama dipimpin manggala upacara wasih Tri Ardiwiyono.

Persiapan menyambut persembahyangan purnama terlihat ramai sejak pagi hari. Aktivitas pura nampak padat dengan kehadiran paguyuban ibu-ibu hindu lingkungan Sorowajan mempersiapkan peralatan ibadah seperti Canangsari dari janur.

Wanita Hindu Darma Indonesia (WHDI) Ni Wayan Suwarini mengatakan ada ratusan canangsari yang disiapkan untuk peribadahan. Canangsari terbuat dari anyaman janur ini untuk mewadai persembahan seperti kembang.

Advertisement

“Kami juga menyiapkan porosan untuk menarih persembahan seperti suruh, gambir, njet, kinang. Selain persembahan buah denganajuman dan daksina untuk persembahan hasil bumi,” ujarnya.

Di Banguntapan, Bantul sendiri umat pemeluk agama hindu terdiri dari tiga blok, meliputi blok Sorowajan, Plumbon dan sanggrahan. Umat hindu kini sedang menyiapkan berbagai kegiatan besar seperti melasti suci Parangkusuma Bantul, dialog lintas agama, dan pawai menjelang puncak perayaan Nyepi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif