Jogja
Senin, 16 Maret 2015 - 19:20 WIB

Panen Melimpah, Petani Gunungkidul Sumringah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi panen padi (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Panen melimpah yang dialami petani Gunungkidul membuat mereka sumringah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Petani di Dusun Pagerjurang, Desa Kampung, Kecamatan Ngawen baru saja melakukan ubinan (menghitung hasil panen) padi, Senin (16/3/2015). Panen tahun ini dinilai memuaskan.

Advertisement

Salah satu anggota Kelompok Tani Amrih Subur di Dusun Pagerjurang Riyadi mengatakan, hasil ubinan menunjukkan panen kali ini berhasil. Untuk ubinan 2,5 meter x 2,5 meter, gabah yang dihasilkan sekitar 8,2 kg untuk benih padi Logawa.

“Satu hektare lahan bisa menghasilkan 13,12 ton padi untuk benih Logawa,” ungkap dia, Senin (16/3/2015).

Selain padi jenis Logawa, lanjut dia, petani juga menanam padi Ciherang. Untuk Ciherang, hasil ubinan menunjukkan setiap petak ubinan (2,5 meter x 2,5 meter) petani menghasilkan 7,5 kg padi. Setiap hektare lahan diperkirakan menghasilkan 12 ton padi.

Advertisement

“Hasilnya memuaskan. Untuk Ciherang, tahun lalu juga hasilnya sama. Sedangkan Logawa, kami baru kali ini menanam,” ungkap dia.

Keberhasilan panen tersebut, menurut Riyadi, karena petani tidak mengalami banyak kendala pada musim tanam kali ini. Distribusi pupuk untuk kelompoknya pun tepat waktu sehingga tidak telat dalam pemupukan.

“Saat ubinan juga dihadiri Bupati Gunungkidul,” ujar dia.

Advertisement

Selain itu, ubinan juga sudah dilakukan di Desa Wareng dan Pulutan, Kecamatan Wonosari pada Kamis (12/3/2015). Camat Wonosari Iswandoyo mengatakan, hasil panen tahun ini meningkat hampir di setiap desa. Menurutnya, setiap lahan megalami peningkatan produksi padi sebesar empat persen.

“Rata-rata, setiap hektare lahan mampu mengasilkan 9,2 ton gabah. Di Wonosari, luas lahan pertanian mencapai 2.914,4 hektare. Luas lahan itu tersebar di 14 desa di Wonosari,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif