Jogja
Senin, 23 Maret 2015 - 04:20 WIB

Puskesmas Tanjungsari Periksa Kesehatan Nelayan secara Rutin

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nelayan Pantai Gesing. (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Puskesmas Tanjungsari memeriksa kesehatan nelayan di Pantai Selatan Gunungkidl secara rutin

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kesehatan nelayan rupanya turut diperhatikan oleh Puskesmas. Salah satu perhatian yang diberikan yakni dengan pengecekan kesehatan secara rutin.

Advertisement

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT)  uskesmas Tanjungsari Ariningsih mengungkapkan, sebagai pusat pelayanan kesehatan di daerah pesisir, pihaknya memperhatikan kesehatan nelayan.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan secara rutin perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan nelayan tersebut.

“Jika nelayan sehat, produktivitas mereka dalam mencari ikan tidak terganggu. Hasilnya, perekonomian mereka tetap terjaga,” ungkap dia, Minggu (22/3)/2015.

Advertisement

Kegiatan itu, lanjut dia, dilakukan setiap tiga bulan sekali. Sasarannya yakni nelayan di Pantai Baron dan Pantai Drini. Ia menambahkan, pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan pada Selasa (17/3/2015).

Menurutnya, dari 62 nelayan yang diperiksa, rata-rata sehat.

“Misal ada keluhan, rata-rata karena kelelahan. Ada pula yang tekanan darahnya agak tinggi dan ada pula yang kena ISPA. Namun, langsung kami berikan pengobatan karena kebetulan jadwalnya berbarengan dengan Puskesmas Keliling,” ujar dia.

Advertisement

Selain pemeriksaan rutin, lanjut dia, ada 100 kapal yang dilengkapi dengan keperluan P3K. Menurutnya, 100 paket kotak P3K yang dibagikan merupakan sumbangan dari Anggota Komisi IV DPR RI.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif