Jogja
Rabu, 25 Maret 2015 - 14:40 WIB

HUKUMAN MATI : Menteri Luar Negeri Filipina Kunjungi Mary Jane

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Terpidana mati kasus penyelundupan narkoba, Mary Jane Fiesta Veloso (baju motif bergaris) berdoa dengan dipandu oleh Romo Bernhard Kieser SJ di tengah jalannya sidang lanjutan pengajuan Peninjauan Kembali terpidana mati di Pengadilan Negeri Sleman, DI. Yogyakarta, Rabu (04/03/2015). Dua orang saksi yang dihadirkan adalah pastur Gereja St Antonius Kotabaru, Yogyakarta, Romo Bernhard Kieser SJ selaku pendamping bidang kerohanian di Lapas Narkotika Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto/dok )

Hukuman mati, Menteri Luar Negeri Filipina mengunjungi terdakwa jkasus narkoba, Mary Jane.

Harianjogja.com, JOGJA-Menteri Luar Negeri Filipina, Albert del Rosario, berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Wirogunan, Jogja. Kunjungan resmi itu untuk melihat kondisi terkini Mary Jane Fiesta Veloso, 30, warga negara Filipina yang terancam hukuman mati atas kasus narkotika.

Advertisement

Kepala Lapas Wirogunan, Zaenal Arifin mengungkapkan, Albert datang ke Lapas bersama Duta Besar Filipina untuk Indonesia, perwakilan Kementerian Luar Negeri RI, dan didampingi aparat Kejaksaan Tinggi DIY.

“Tadi sekitar jam 13.00 WIB tiba di Lapas,” ujarnya.

Dijelaskannya, kunjungan rombongan menteri luar negeri Filipina ke Lapas Wirogunan tersebut berlangsung sekitar satu jam. Namun inti kunjungan itu Zaenal mengaku tidak tahu persis. Karena mereka berbincang-bincang dengan Mary Jane memakai bahasa Tagalog.

Advertisement

Secara umum dia melihat kunjungan itu untuk memberikan dukungan moral kepada Mary Jane yang masih menunggu hasil Peninjauan Kembali (PK) Mahkmah Agung.

“Kan Mary Jane hanya bisa bahasa Tagalog, saya tak tahu apa yang mereka bincangkan. Yang saya tahu sebatas kunjungan terhadap warga negaranya yang tersangkut kasus hukum,” jelasnya.

Saat akan meninggalkan Lapas, imbuhnya, menteri Albert sempat mengucapkan terima kasih kepada pihak Lapas Wirogunan yang telah bersedia menerimanya dalam kunjungan kali ini.

Advertisement

“Sepertinya datang khusus jenguk Mary Jane, informasinya menteri luar negeri Filipina ini baru. Surat pemberitahuan ke Dirjen Lapas hanya hari ini kunjungannya (ke Lapas),” imbuh Zaenal.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY, I Gede Sudiatmaja membenarkan adanya kunjungan itu. Pihaknya sebelumnya telah menerima surat tembusan dari Dirjen Lapas.

“Ada surat tembusannya, ada jaksa kita yang mendampingi ke Lapas,” ucapnya

Namun saat disinggung apakah kedatangan menteri luar negeri Filipina itu ada kaitannya dengan proses hukum Mary Jane, Sudiatmaja mengaku belum mengetahuinya. Pihaknya hanya diberi surat tembusan dan menindaklanjuti dengan mengutus jaksa untuk mendampingi kunjungan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif