Jogja
Rabu, 25 Maret 2015 - 03:20 WIB

PEMKAB GUNUNGKIDUL : Kapan Mendapat WTP?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aplikasi pencatatan keuangan (Ilustrasi/Solopos dok)

Pemkab Gunungkidul tengah menjadi sorotan, utamanya mengenai laporan pengelolaan keuangan daerah.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul menyoal masalah opini Wajib Tanpa Pengecualian (WTP) dalam rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Akhir Masa Jabatan 2010-2015.

Advertisement

Pasalnya selama kurun waktu lima tahun selalu mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian dalam laporan pengelolaan keuangan daerah.

Juru bicara DPRD Gunungkidul Eko Rustanto mengatakan, perkembangan di Kabupaten Gunungkidul selama ini sudah berjalan dengan benar. Dari sisi perbaikan infrastruktur maupun pembangunan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

“Sudah ada perkembangan yang baik, dan patut mendapatkan apresiasi. Meski demikian masih ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki lagi,” kata Eko saat membacakan rekomendasi LKPJ Bupati Akhir Masa Jabatan 2010-2015 di Sindang Paripurna DPRD, Senin (23/3/2015).

Advertisement

Menurut anggota Fraksi Demokrat itu, pekerjaan yang harus diselesaikan adalah perolehan predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan. Dari lima kabupaten kota di DIY, hanya Kabupaten Gunungkidul yang belum mendapatkan predikat itu. Sementara, empat kabupaten kota sudah mendapatkan predikat tersebut, sejak jauh-jauh hari.

“Gunungkidul sendiri yang masih mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian. Sedang daerah lain sudah bebenah dan mendapatkan predikat yang lebih baik,” kata Eko

Eko berpendapat, selama lima tahun terakhir pengelolaan keuangan daerah belum menunjukkan perbaikan yang signifikan. Sebagai bukti Kabupaten Gunungkidul masih berusaha memeroleh predikat WTP dari BPK.

Advertisement

“Kami terus dorong Pemkab agar predikat tersebut dapat diraih,” ungkapnya.

Eko berharap agar catatan-catatan dari BPK segera diselesaikan. Tujuannya target WTP bisa diwujudkan di tahun ini.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah optimistis predikat WTP bisa diraih tahun ini. Proses untuk
mempermudah mendapatkan predikat tersebut, Pemkab sudah melakukan berbagai perbaikan terhadap catatan miring dari BPK.

“Mudah-mudahan saja tahun ini bisa diraih predikat tersebut,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif