Jogja
Sabtu, 28 Maret 2015 - 13:20 WIB

Lapor SPT PPh di Bantul Kini Bisa Online

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bantul melayani warga yang mendaftar e-filling di Kantor KPP Bantul, Jumat (27/3/2015). (Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Penyampaian Surat Pemberian Tahunan Pajak Penghasilan (SPT PPh) di Bantul kini dapat dilakukan melalui layanan pengisian elektronik (e-filling)

Harianjogja.com, BANTUL—Penyampaian Surat Pemberian Tahunan Pajak Penghasilan (SPT PPh) kini dapat dilakukan melalui layanan pengisian elektronik (e-filling).

Advertisement

Wajib pajak orang pribadi yang menggunakan formulir 1770S atau 1770SS dapat dilakukan secara online melalui internet.

Mengawali penggunaan layanan e-filling, Bupati Bantul, Sri Surya Widati, resmi menyampaikan SPT Tahunan 2014 melalui e-filling dan drop box ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bantul, Jumat (27/3/2015). Dirinya menyambut baik akan terobosan yang dilakukan dan mengimbau pada masyarakat agar melaporkan wajib pajak tepat waktu.

“Saya menghimbau pada masyarakat supaya melaksanakan wajib pajak pribadi lewat online. Bisa dari kantor bisa dari rumah karena pajak adalah kewajiban untuk pembangunan,” kata Ida, sapaan akrab Bupati.

Advertisement

Dia mengapresiasi diluncurkannya layanan e-filling karena semakin memudahkan masyarakat dalam menyampaikan laporan SPT tahunan.

Humas Kanwil Birokrat Jenderal Pajak DIY Hermawan Yuliansyah mengatakan aplikasi e-filling dapat diakses melalui telepon selular (ponsel) pintar. “Kalau sudah ada ponsel pintar bisa dilakukan tanpa ke warung internet,” ucapnya.

Langkah awal penggunaan e-filling, seseorang harus memiliki electronic filling identification number (e-fin). E-fin diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada wajib pajak yang mengajukan permohonan e-filling yang sebelumnya mengisi formulir. Di kantor Pemkab Bantul, layanan pengajuan e-fin dilayani di lobi kantor.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif