Jogja
Minggu, 29 Maret 2015 - 17:20 WIB

WISATA GUNUNGKIDUL : Penarikan Retribusi Pindul Disetop, Ini Alasannya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gua Pindul. (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Wisata Gunungkidul untuk retribusi Pindul sementara waktu ditiadakan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Pos Retribusi di kawasan Gua Pindul berhenti beroperasi sejak Kamis (26/3/2015). Diduga penghentian penarikan erat kaitannya dengan kebocoran retribusi yang selama ini terjadi. (Baca Juga : WISATA GUNUNGKIDUL : Kebocoran Retribusi, Apa Solusinya?)

Advertisement

Pejabat Sementara Kepala Desa Bejiharjo Subarjono mengakui aktivitas penarikan retribusi berhenti sementara waktu. Oleh karenanya, sejak Kamis kemarin, tidak ada lagi petugas pungut di empat titik pemungutan.

“Ya sudah berhenti, dan kami serahkan sepenuhnya ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” kata Subarjono kepada wartawan, Sabtu (28/3/2015).

Dia menjelaskan, ada beberapa faktor yang membuat penarikan retribusi dihentikan. Sebab-sebab tersebut antara lain, petugas pungut merangkap sebagai perangkat desa, sehingga butuh tenaga ekstra untuk melakukan dua tugas itu. Namun, menurut Subarjono, penghentian yang paling utama erat kaitannya dengan kebocoran yang selama ini terjadi.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Hary Sukmono membenarkan adanya penghentian aktivitas penarikan retribusi ke kawasan Gua Pindul. Secara lisan, dia mengaku sudah menerima pemberitahuan dari perangkat Desa Bejiharjo. Meski demikian, Hary menegaskan keadaan tersebut tidak akan berlangsung lama. Rencananya hari ini, perwakilan disbudpar akan bertemu dengan perangkat Desa Bejiharjo. Tujuan pertemuan itu, selain untuk melakukan evaluasi juga membahas kelanjutan penarikan retribusi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif