Jogja
Jumat, 10 April 2015 - 04:21 WIB

PERTANIAN SLEMAN : Dinas Optimis Hadapi Elnino

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PEMUPUKAN -- Seorang petani sedang melakukan pemupukan di sawahnya beberapa waktu lalu. Saat ini konsumsi pupuk cenderung merosot lantaran banyaknya hama sehingga sebagian besar petani memilih berhenti bertanam. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Pertanian Sleman diyakini dapat menghadapi fenomena elnino saat musim kemarau mendatang.

Harianjogja.com, SLEMAN – Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Sleman tidak mengkhawatirkan dampak fenomena Elnino yang akan terjadi pada musim kemarau mendatang.

Advertisement

“Kami telah melakukan persiapan dan pemetaan jenis tanaman yang matang dan tak terganggu dengan kondisi cuaca apapun,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Sleman Edi Srihamarmanta, Kamis (9/4/2015).

Menurut dia, fenomena Elnino tidak akan berpengaruh banyak dengan hasil pertanian di wilayah Kabupaten Sleman.

Advertisement

Menurut dia, fenomena Elnino tidak akan berpengaruh banyak dengan hasil pertanian di wilayah Kabupaten Sleman.

“Selama ini petani juga sudah siap, tidak ada masalah meski nanti ada Elnino,” katanya.

Ia mengatakan tidak terkecuali dengan petani yang ada di perbukitan, seperti di Kecamatan Prambanan yang merupakan wilayah kering.

Advertisement

Edi mengatakan, ada juga yang bisa menanam sayuran seperti kangkung, bayam. Karena sudah sejak dua tahun silam, di wilayah tersebut disediakan fasilitas berupa kolam penampung air yang dikhususkan untuk menghidupi tanaman pertanian.

“Dari Provinsi DIY ada sepuluh penampungan air yang dibangun. Sementara, kami juga membangunkan lima unit kolam penampung air,” katanya.

meski demikian pihaknya tetap memberikan imbauan kepada petani yang berada di lahan tadah hujan, untuk tidak memaksakan diri menanam padi melainkan diganti dengan palawija agar bisa meminimalkan risikonya.

Advertisement

“Di wilayah yang airnya terbatas, lebih baik ditanami palawija saja,” katanya.

Saat ini, kata dia, pertanian di Sleman sedang masuk musim panen padi. Di berbagai kecamatan, seperti Tempel, Depok, Kalasan, Prambanan, dan lainnya.

“Meski data keseluruhan belum masuk, namun kami yakin produktivitas petani berhasil dengan baik. Panen sedang berlangsung, tapi secara data belum kita evaluasi,” katanya.

Advertisement

Dari prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta sendiri, fenomena Elnino ini akan terjadi sekitar Juli dan Agustus, terutama di wilayah Indonesia bagian timur.

Meski demikian, BMKG Yogyakarta akan terus melakukan pemantauan karena perubahan cuaca sangat dinamis.

“Fenomena seperti ini kami bisa mengetahui tiga bulan sebelum kejadian. Sekarang ini terus dilakukan pemantauan. Kalaupun nanti berdampak sampai ke DIY, akan terasa terlebih dahulu di Jawa bagian timur. Seperti Jawa Timur, Jawa Tengah,” kata Staf Seksi Data dan Informasi, BMKG Yogyakarta Indah Retno Wulan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif