Jogja
Sabtu, 11 April 2015 - 17:19 WIB

Kantor Pos di Gunungkidul Mulai Salurkan Bantuan PSKS

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Kantor Pos di Gunungkidul mulai menyalurkan bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera pada Sabtu (11/4/2015).

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kantor Pos Wonosari memulai penyaluran bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera pada Sabtu (11/4/2015) ini.

Advertisement

Kepala Kantor Pos Wonosari, Mufti Ismail, mengatakan penyaluran ini masih sebatas peluncuran pelaksanaan serempak baru disalurkan di semua wilayah pada Senin (13/4/2015) lusa.

“Untuk 12 kantor pos cabang lain akan dimulai Senin [pekan depan],” ujarnya kepada wartawan, Jumat (10/4/2015).

Advertisement

“Untuk 12 kantor pos cabang lain akan dimulai Senin [pekan depan],” ujarnya kepada wartawan, Jumat (10/4/2015).

Seluruh warga penerima manfaat di Kecamatan Wonosari belum bisa mengambil semua sebab bantuan baru dibagikan untuk warga di Desa Karangtengah dan Wonosari.

Bagi warga di desa lain, pencairan akan diiberikan secara serempak di Gunungkidul. “Teknis pencairan dibuat per desa. Langkah ini diambil untuk mengurangi jumlah antrian, seperti yang terjadi pada 2014 lalu,” papar Mufti.

Advertisement

“Misalnya di Kecamatan Wonosari, saat pencairan pertama, setiap hari kantor pos bisa melayani untuk lima desa. Namun, mulai saat ini, kami hanya akan melayani 2-3 desa saja,” ucap Mufti.

Dia berdalih pengurangan ini akan sangat membantu kelancaran proses pencairan. Selain itu, beban kerja dari para petugas tidak akan berat seperti dulu, saat pencairan pertama.

“Kalau dulu petugas bisa bekerja sampai pukul sembilan malam. Harapannya dengan model ini semua lancar dan selesai tepat waktu,” tutur Mufti.

Advertisement

Warga tidak perlu khawatir dengan penerapan sistem ini sebab meski belum bisa mengambil saat jadwal yang ditentukan, warga penerima bisa mengambilnya di waktu yang lain.

Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul Suyatmiyatun membenarkan adanya pencairan termin kedua PSKS dari pemerintah. Data penerima manfaat juga tidak jauh berbeda dengan penerima bantuan di akhir tahun lalu.

Jumlah penerimanya ada 80.121 kepala keluarga. Nominal bantuan yang diberikan akan lebih besar ketimbang pencairan termin pertama. Untuk pencairan kali ini, warga akan mendapatkan bantuan Rp600.000, yang merupakan akumulasi bantuan selama tiga bulan.

Advertisement

“Kalau yang dulu, warga hanya mendapatkan Rp200.000 untuk dua bulan,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif