Jogja
Selasa, 14 April 2015 - 12:40 WIB

Pulau Indonesia, Berapa Jumlahnya?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peta Indonesia (wikipedia)

Pulau Indonesia dikenal berjumlah ribuan, bahkan mencapai 17.499 pulau.

Harianjoja.com, JOGJA-Kepala Kelompok Peneliti Dinas Hidro Oseanografi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Kolonel Laut (KH) Drs. Haris Djoko Nugroho, M.Si menegaskan jumlah Indonesia tidak pernah mengalami pengurangan hingga ribuan buah pulau.

Advertisement

Dalam Seminar Nasional Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai di Gedung University Club Universitas Gadjah Mada (UC UGM), Kamis (9/4/2015), Haris mengaku memang memaparkan mengenai kepulauan di Indonesia. Hanya, imbuh dia, ada sejumlah media yang salah mengutip pernyataanya.

Menurut dia, dari hasil kajian Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi (Timnas PRN), diketahui ada 13.466 pulau yang sudah dibakukan, sedang 3.000-4.000 pulau datanya belum diverifikasi.

“Nantinya akan ada jumlah pulau sekitar 17.000 lebih seperti perhitungan Hidro Oseanografi,” katanya dalam rilis yang Harianjogja.com, terima dari UGM, senin (13/4/2015).

Advertisement

Namun, tambah dia, menurut data dari tim Hidro Oseanografi disebutkan jumlah pulau di Indonesia saat ini berkurang, dari 17.508 pulau menjadi 17.499 pulau. Dengan demikian pengurangan tersebut tidak mencapai ribuan pulau.

“Jumlah pulau ini berkurang karena alasan politis, yuridis dan alam,” katanya.

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif