Jogja
Kamis, 16 April 2015 - 08:19 WIB

Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bisa Gunakan BPJS

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu BPJS (JIBI/Solopos/Dok.)

Penanganan anak berkebutuhan khusus di Rumah Sakit Jogja bisa menggunakan BPJS

Harianjogja.com, JOGJA-Jumlah pasien anak berkebutuhan khusus (ABK) di RS Jogja naik signifikan.

Advertisement

Hal itu melatarbelakangi dibentuknya Forum Anak Hebat sebagai program pendampingan kepada orangtua dan pasien ABK.

Direktur RS Jogja Tuty Setyowati menyebutkan kunjungan pasien ABK secara kumulatif sampai dengan akhir November 2014 sebanyak 79 orang.

Sementara, periode Desember 2014 sampai dengan sekarang jumlah pasien ABK mencapai 169 orang.

Advertisement

“Dalam forum ini kami ingin mengajak orangtua dan pasien ABK untuk bertemu secara periodik, berbagi pengalaman dan mendapat penyuluhan,” ujarnya di sela-sela peluncuran Forum Anak Hebat, di Aula RS Jogja, Rabu (15/4/2015).

Menurutnya, kegiatan semacam ini penting untuk meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan pasien ABK supaya tidak menghambat prestasi anak di kemudian hari.

Terlebih, berdasarkan pengamatan selama ini kebanyakan orangtua malas untuk rutin memeriksakan atau mengikutkan anaknya dalam terapi. “Dengan adanya Forum Anak Hebat, orangtua dapat saling memotivasi,” imbuh dia.

Advertisement

Diungkapkannya, penanganan pasien ABK juga dapat memanfaatkan BPJS sehingga tidak ada alasan pasien ABK yang tidak mampu mendapat perlakuan diskriminatif.

Tuty menguraikan, pelayanan pasien ABK di RS Jogja ditangani oleh tiga dokter spesialis anak, satu Psikolog, satu terapis wicara, dan satu terapis okupasi.

Pemerhati ABK sekaligus dokter spesialis penyakit dalam RSUP Dr Sardjito Probosuseno menyampaikan materi tentang pentingnya pendampingan dan perhatian orangtua kepada ABK. “Butuh kesabaran dan yang terpenting harus mengasihi anak,” tuturnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif