Jogja
Sabtu, 18 April 2015 - 22:21 WIB

PILKADA KULONPROGO : KPU Kulonprogo Siapkan Rencana Anggaran Pilkada

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Pilkada Kulonprogo masih sekitar dua tahun lagi, namun KPU setempat mulai melakukan perencanaan anggaran

Harianjogja.com, WATES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo mulai menyiapkan Rencana Anggaran Belanja (RAB) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kulonprogo.

Advertisement

Meski pelaksanaan pemilu masih cukup lama, namun persiapan ini dilakukan jauh hari agar pelaksanaan pilkada berjalan lancar.

Ketua KPU Kulonprogo M. Isnaini mengatakan, sesuai perundang-undangan, pelaksanaan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota dilaksanakan serempak pada Desember 2015, Februari 2017 dan Juni 2018.

Pelaksanaan Pilkada bulan Desember 2015 diperuntukan bagi daerah dengan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Kepala Daerah pada tahun 2015 dan semester pertama 2016. Sedangkan, Pilkada pada tahun ini akan diikuti 269 daerah.

Advertisement

“Kami belum bisa menyampaikan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pilkada 2017 mendatang. AMJ Bupati Kulonprogo masih lama, yakni berakhir pada Agustus 2016. Jadi, pelaksanaan pilkada kabupaten ini akan mengikuti periode Februari 2017,” ujar Isnaini, Jumat (17/41/2015).

Sampai saat ini, lanjut Isnaini, pihaknya masih melakukan kordinasi dalam rangka menyusun RAB dan persiapan pilkada dengan pemkab.

Anggaran yang akan dipergunakan dalam persiapan itu bersumber dari alokasi anggaran 2016 dan 2017. Dia menambahkan, pembahasan tentang APBD tahun 2016 baru dimulai awal 2015 lalu.

Advertisement

“Kalau dilihat dari Undang-undang nomor 8 tahun 2015, tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota. Pendanaan pilkada bersumber dari APBD dan didukung dari APBN. Meski demikian, peraturan dari Mendagri terkait hal itu juga belum terbit sampai saat ini,” jelas Isnaini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif