Jogja
Rabu, 22 April 2015 - 16:40 WIB

KUNJUNGAN KERJA: Iriana Jokowi Kunjungi Berbah, Borong Ini ..

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Iriana Jokowi didampingi istri Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, meninjau penjual kain batik produk ibu-ibu PKK di Kecamatan Berbah, Selasa (21/4/2015). (JIBI/Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Kunjungan kerja ibu negara Iriana Jokowi ke Sleman diisi dengan belanja sejumlah hasil olahan

Harianjogja.com, SLEMAN—Tepat pada peringatan Hari Kartini, Selasa (21/4/2015), Iriana Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Puskesmas Berbah, Sleman. Selain mengecek kondisi puskesmas, istri Presiden Joko Widodo itu juga menghampiri para kelompok PKK yang menjajakan produksinya.

Advertisement

“Ini batiknya bagus sekali. Saya ambil dua. Yang merah sesuai selera saya, yang ini [toska] sama dengan baju yang saya pakai ini,” kata Iriana sembari menempelkan kain batik jumputan warna toska ke pakaiannya.

Tanpa berlama-lama, perempuan yang sebentar lagi akan mantu ini pun membayar dengan harga Rp220.000 untuk dua potong kain. Batik yang dibuat dari kain primisima itu masing-masing berukuran dua meter.

Perajin batik jumputan Berbah, Yulida, mengaku senang karena hasil karyanya dibeli langsung oleh ibu negara.

Advertisement

“Senang sekali. Kami punya stok kain sebelumnya. Begitu kami tampilkan di sini, e… kok laku dibeli Bu Jokowi,” ujarnya.

Tak puas dengan belanja kain, Iriana juga mengeluarkan uangnya untuk membeli jahe instan seharga Rp12.500 dan dua keset dari kain perca.

“Keset tadi harganya Rp15.000,” kata penjual keset dari UMKM Berbah, Endah Ratnawati.

Advertisement

Untuk melengkapi belanjanya, Iriana yang didampingi Bupati Sleman, Sri Purnomo, dan istrinya, Kustini Sri Purnomo, bergeser ke lapak makanan. Di situ, Iriana membeli dua kilogram mete mentah hasil produksi ibu-ibu Kelompok Sedyo Mulyo, Dusun Krikilan, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, seharga Rp220.000.

“Ibu [Iriana] tadi beli dua kilogram. Sekilo harganya Rp110.000,” kata salah satu penjual bernama Widaryati.

Kedatangan Iriana disambut ratusan masyarakat yang sebelumnya telah menunggu di jalan utama menuju Puskesmas Berbah. Mereka antusias melihat istri tokoh nomor satu di Indonesia itu. Sebelumnya, Iriana didampingi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan istrinya, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, juga mengunjungi Kabupaten Kulonprogo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif