Jogja
Jumat, 24 April 2015 - 17:40 WIB

BANJIR JOGJA : Setelah Banjir, Waspadai Leptospirosis!

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Banjir Jogja, setelah surut perhatian diharapkan tertuju pada penanganan leptospirosis.

Harianjogja.com, JOGJA-Leptospirosis mengintai warga pascabanjir terjadi. Terlebih, angka kasus penyakit yang disebabkan urine tikus ini menunjukkan peningkatan selama periode 2015 jika dibanding tahun lalu.

Advertisement

Data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Jogja, sepanjang 2014 terdapat 23 kasus leptospirosis yang merenggut satu nyawa. Sementara, selama triwulan 2015, sudah terdapat 14 kasus dengan lima korban jiwa yang berasal dari Prawirodirjan, Patangpuluhan, dan Pakualaman.

Kepala Dinas Kesehatan Jogja Vita Yulia mengatakan, warga harus mewaspadai munculnya penyakit yang disebabkan oleh bakteri lepstopira.

“Keadaan sekarang [banjir] membuat warga lebih rentan terserang,” ujar dia, Kamis (23/4/2015).

Advertisement

Oleh karena itu, ia mengimbau pola hidup bersih dan kerja bakti yang steril. Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan antara lain, menggunakan sarung tangan ketika membersihkan tempat kotor, mencuci tangan sebelum makan atau mengonsumsi sesuatu, dan sebagainya.

Dikatakan Vita, jika ada warga yang mengalami demam tinggi setelah dilanda banjir, sebaiknya segera memeriksakan diri sebagai antisipasi awal.

Sebelumnya, Camat Gondomanan Agus Arif Nugroho membenarkan telah terjadi kasus leptospirosis di wilayahnya. Ia menjabarkan, telah melakukan beberapa langkah penanggulangan, antara lain melakukan konsolidasi sosial dengan semua komponen masyarakat, menggelar kerja bakti massal dan penyemprotan desinfektan, dan sebagainya.

Advertisement

Tidak hanya itu, Pusat Kesehatan Masyarakat dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan telah melakukan pengambilan sampel tanah yang diduga telah tercemar bakteri leptospira untuk dilakukan uji laboratorium.

“Kami juga melakukan home visit ke rumah warga,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif