Jogja
Minggu, 26 April 2015 - 06:15 WIB

LOWONGAN KERJA : Mau Cari Kerja? Klik Situs Ini

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bankers Career Expo 2014 di Jakarta, Selasa (4/11/2014). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Lowongan kerja online memudahkan pencari kerja.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Informasi lowongan kerja secara online dinilai lebih efektif dan memudahkan para pencari kerja. Kemudahan akses membuat masyarakat tidak perlu datang langsung ke Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Kabupaten Kulonprogo jika hanya ingin mencari informasi lowongan kerja.

Advertisement

Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Sosnakertrans Kulonprogo, Heri Darmawan mengatakan, masyarakat bisa mengakses berbagai informasi lowongan kerja melalui website sosnakertrans.kulonprogokab.go.id.

“Akan kita maksimalkan juga melalui media sosial facebook,” ungkapnya, Jumat (24/4/2015).

Heri menambahkan, jumlah pengakses website yang dikelola Dinas Sosnakertrans Kulonprogo itu juga sudah cukup banyak. “Namun, kami juga tetap menyediakan informasi manual melalui selebaran di papan pengumuman resmi dan beberapa sekolah melalui BKK [Bursa Kerja Khusus],” ucapnya.

Advertisement

Meski demikian, Heri mengakui, pemanfaatan informasi lowongan kerja online belum maksimal. Sebab, belum semua perusahan di Kulonprogo aktif berpartisipasi.

“Memang belum optimal, baru satu atau dua perusahaan yang berpartisipasi. Kami sudah melakukan mediasi agar perusahaan memberi tahu kami juga ada lowongan kerja,” ujarnya.

Selain itu, tingkat serapan lowongan kerja bagi Angkatan Kerja Lokal (AKL) masih hanya 15 persen.
“Wilayah Batam tetap masih terpopuler. Memang akhirnya UMP [Upah Minimum Propinsi] dan fasilitas dari perusahaan yang jadi pertimbangan utama,” kata Heri menerangkan.

Advertisement

Namun, Dinas Sosnakertrans Kulonprogo tetap berusaha memfasilitasi warga yang tidak ingin bekerja ke luar kota atau luar negeri.

“Kami bekerja sama dengan BLK [Balai Latihan Kerja] karena mungkin pencari kerja yang tidak mau ke luar daerah itu butuh keterampilan tambahan melalui berbagai pelatihan,” papar Heri kemudian.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif