Jogja
Minggu, 26 April 2015 - 02:15 WIB

WISATA SLEMAN : 3 Kamera Ini Dipasang untuk Jebak Anjing Liar

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamera CCTV (2mcctv.com)

Wisata Sleman, TGNM memasang tiga unit kamera untuk memantau pergerakan anjing liar.

Harianjogja.com, SLEMAN-Taman Nasional Gunung Merapi (TGNM) memasang tiga unit kamera trap/jebakan di kawasan wisata Tlogo Putri, Kaliurang, Kabupaten Sleman untuk memantau pergerakan kawanan anjing liar yang mengancam keselamatan satwa kijang.(Baca Juga : WISATA SLEMAN : Anjing Liar Serang Kijang Hingga Mati, SAR Kaliurang Pasang Perangkap)

Advertisement

“Setelah dilakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait, kami langsung melakukan identifikasi terhadap kawanan anjing liar yang tinggal di hutan kawasan Tlogo Putri,” kata Kepala Resor Pakem dan Turi, TGNM, Teguh Wardoyo, Sabtu (25/4/2015).

Menurut dia, saat ini pihaknya telah memasang sebanyak tiga unit kamera trap di titik-titik yang pernah dilalui kawanan anjing liar di sekitar objek wisata Kaliurang.

Advertisement

Menurut dia, saat ini pihaknya telah memasang sebanyak tiga unit kamera trap di titik-titik yang pernah dilalui kawanan anjing liar di sekitar objek wisata Kaliurang.

“Meski belum menemukan rekaman pergerakan anjing liar, namun pihaknya masih intens untuk terus memantaunya,” katanya.

Ia mengatakan, sebenarkan yang paling dikhawatirkan adalah bukan karena kawanan anjing liar bisa menyerang warga atau wisatawan yang berkunjung di Kaliurang, tetapi karena masih berpotensi menyerang satwa dilindungi di kawasan TNGM, yaitu kijang.

Advertisement

Teguh mengatakan, memang sejauh pengamatannya belum pernah ada kejadian, ada orang yang diserang anjing liar itu.

“Justru kemungkinan anjing-anjing liar tersebut memilih untuk pergi ketika melihat ada orang. Khawatirnya, bisa saja menyerang kijang lagi, karena itu hewan dilindungi,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan masyarakat setempat dalam memantau kehadiran kawanan anjing liar tersebut.

Advertisement

“Warga sekitar Kaliurang maupun para pelaku wisata juga mendukung akan hal ini,” katanya.

Saat memasuki musim kemarau, kata dia, kijang-kijang di hutan TNGM biasanya juga turun ke kawasan air terjun Tlogo Putri untuk mencari air.

“Kijang-kijang di hutan biasanya mencari minum di air terjun itu,” katanya.

Advertisement

Ia mengatakan, setelah teridentifikasi, jika keselamatan kijang terancam, bukan tidak mungkin anjing liar tersebut akan ditangkap atau diamankan.

“Tetapi ini masih perlu koordinasi kembali dengan berbagai instansi,” katanya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif