Jogja
Senin, 27 April 2015 - 14:20 WIB

Ada Kebun Sayuran di Kodim Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kuspilah, 55, warga Cokrodiningratan sedang melihat-lihat sayuran tanaman hidroponik di Markas Kodim Jogja, Minggu (26/4/2015). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Ada kebun sayuran di Markas Kodim Jogja

Harianjogja.com, JOGJA-Markas TNI Kodim 0734 Jogja mendadak jadi perhatian banyak orang, Minggu (26/4/2015).

Advertisement

Bukan karena ada latihan tembak atau simulasi pengamanan, namun karena kantor TNI di Jalan AM Sangaji tersebut dipenuhi dengan aneka macam sayuran segar yang siap panen.

Meski halaman Kodim 0734 hampir semuanya tembok dan beton namun lewat kreatifitas anggota TNI sayuran itu bisa tumbuh subur. Media tanam sayuran itu tanpa menggunakan tanah melainkan menggunakan paralon yang dialiri air. Kemudian paralon itu diberi lubang kecil-kecil untuk tanaman sayuran.

Agar biji sayuran tumbuh dan berkembang, diberi media kapas atau serabut untuk menguatkan akar sayuran. Media tanaman seperti ini biasa disebut tanaman hidroponik.

Advertisement

Tanaman hidroponik cocok ditanam di perumahan atau perkantoran yang tidak memiliki tanah. Karena tanaman hidroponik hanya butuh air, udara, cahaya, serta nutrisi yang dicampur kedalam air.

Komandan Kodim 0734 Jogja, Renal A Sinaga mengatakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tanaman hidroponik. Padahal tanaman hidroponik sangat cocok untuk wilayah perkotaan yang minim tanah. Kedepan, Kodim Jogja siap memfasilitasi pelatihan kepada masyarakat cara membuat tanaman hidroponik.

Seorang inisiator tanaman hidroponik di Kodim Jogja, Marwin mengatakan tanaman hidroponik juga memiliki keunggulan dibanding tanaman biasanya. “Dalam waktu 25 hari sayuran sudah bisa dipanen,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif