Jogja
Senin, 27 April 2015 - 00:20 WIB

TANAH LONGSOR KULONPROGO : Sebuah Rumah Hancur Ditimpa Longsor

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tanah longsor Kulonprogo menimpa sebuah rumah hingga hancur

Harianjogja.com, KULONPROGO– Hujan tidak hanya membuat sejumlah wilayah di Kulonprogo tergenang banjir. Tanah longsor juga mengancam warga desa di wilayah Desa Hargowilis, Kokap.

Advertisement

Sebuah rumah milik Ali, 50, di Dusun Clapar I tertimpa material longsor dari tebing setinggi sepuluh meter dan panjang 20 meter.

Longsor tersebut terjadi pada Sabtu (25/4/2015) dini hari sekitar pukul 03.30 WIB. Akibatnya, rumah Ali rusak parah tertimpa material longsor, bahkan rumah yang berada di atas tebing tersebut juga terancam longsor.

Menurut Ali, sebelumnya hujan turun dengan sangat deras hingga malam hari. Saat itu, dia dan keluarga sedang tidur lelap sampai akhirnya sebuah batu terjatuh dan menimpa perabot dapur.

Advertisement

“Tiba-tiba saya terbangun karena suara ketel [penanak nasi] seperti tertimpa batu. Saya dengar ada seperti suara longsoran kecil, lu langsung saya bangunkan istri dan anak saya untuk menyelamatkan diri,” ujar Ali kepada wartawan, Minggu (26/4/2015).

Usai menyelamatkan diri dan keluarga, tidak berselang lama, tebing di samping rumahnya longsor. Material longsor langsung menimpa rumah hingga rusak parah. Baik bangunan utama rumah maupun dapur semuanya hancur tertimpa timbunan material longsor.

“Untuk sementara ini, kami mengungsi di rumah saudara. Saya juga berencana pindah bersama keluarga,” ungkap Ali.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif