Jogja
Senin, 4 Mei 2015 - 15:40 WIB

SABDA RAJA SULTAN : Gerindra Dukung Sultan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - DUKUNGAN -- Mural bertema dukungan atas status istimewa DIY terlihat di salah satu sudut jalan di Kota Jogja beberapa waktu lalu. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Sabda Raja Sultan, ditengah pertanyaan tentang perubahan gelar, Gerindra justru menyatakan dukungan kepada DIY 1 tersebut.

Harianjogja.com, JOGJA-Wakil Ketua DPRD III yang juga Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DIY, Dharma Setiawan mendukung langkah Sultan.

Advertisement

Menurut dia, Sabda Tama dan Sabda Raja merupakan paugeran tertinggi Kraton. Sultan sedang melakukan penyempurnaan paugeran. (Baca Juga : SABDA RAJA SULTAN : DPRD Minta Penjelasan Sultan)

Dharma mengatakan apa yang dilakukan Sultan tidak melanggar UUK. UUK mengamanatkan Sultan yang jumeneng akan menjadi Gubernur, tanpa mensyaratkan gelar tidak boleh diubah. UUK juga mengakui kedaulatan Kraton untuk menyusun paugeran sendiri sepanjang tidak melanggar konstitusi.

“Semoga penyempurnaan paugeran bisa segera terlaksana dan cukup rinci sehingga tidak menimbulkan pergesekan di kemudian hari,” kata Dharma akhir pekan lalu.

Advertisement

Dharma menambahkan, terkait perubahan UUK yang tersangkut paut dengan nomenklatur gelar, pada
dasarnya tidak mengubah substansi UUK.

“Yang perlu diubah adalah nomenklatur saja. Hal itu, mirip dengan penggunaan kata provinsi yang tidak digunakan lagi dalam tata pemerintahan daerah. Nomenklatur diubah tanpa mengubah subtansi, dimana kata provinsi dihilangkan dan langsung disebut DIY,” jelas Dharma.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif