Jogja
Sabtu, 30 Mei 2015 - 03:40 WIB

HAMA TANAMAN DI GUNUNGKIDUL : Ancam Hasil Panen, Petani Tepus Serbu Tikus di Sawah

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ilustrasi. dok

Hama tanaman di Gunungkidul terutama tikus masih meresahkan petani di  Dusun Regedek, Giripanggung, Tepus.. Untuk mengantisipasi serangan, petani bergotong royong menyerbu sarang tikus di sawah

Advertisement

 

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Hama tikus menyerang lahan pertanian milik warga Dusun Regedek, Giripanggung, Tepus. Untuk mengatisipasi kerusakan yang lebih parah, warga melakukan pemburuan terhadap hewan pengerat itu.

Informasi yang dihimpun Harian Jogja, Jumat (29/5/2015), serangan tikus tidak hanya terjadi di lahan pertanian, karena juga sampai memasuki area pemukiman warga. Jika dibiarkan, kesehatan warga bisa terancam, sebab binatang ini merupakan sumber penyakit leptospirosis yang mematikan.

Advertisement

Untuk meminimalisir perkembangan populasi, warga berinisiatif melakukan gropyokan. Caranya, warga memburu ke lokasi-lokasi yang menjadi sarang tikus. Selanjutnya, tikus yang tertangkap dibunuh, lalu dikubur.

Menurut pengakuan seorang warga, Sutrisno, serangan tikus terjadi sejak sebulan yang lalu. kondisi ini sangat meresahkan warga, sebab binatang ini juga menjadi sumber penyakit yang mematikan.

“Kami sangat khawatir, selain merusak tanaman, tikus-tikus itu aktif berkeliaran di rumah-rumah warga,” kata Sutrisno kepada wartawan, kemarin.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif