Jogja
Senin, 29 Juni 2015 - 21:21 WIB

PASAR PRAMBANAN : Proyek Pasar Prambanan Belum Berlanjut

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasar Prambanan (JIBIHarian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Pasar Prambanan di Sleman belum dilanjutkan proses pembangunannya

Harianjogja.com, SLEMAN-Proyek pembangunan Pasar Prambanan sejatinya sudah masuk tahap ketiga. Namun hingga kini pengerjaan belum juga dilakukan. Saat ini, pembangunan baru masuk proses lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk mendapatkan rekanan atau pihak ketiga yang akan mengerjakan tahap ketiga.

Advertisement

“Tahap ketiga meliputi kelanjutan konstruksi dan penambahan lantai. Juga menambah bangunan yang tidak dapat dilakukan rekanan sebelumnya,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (DPUP) Sleman Nurbandi, belum lama ini.

Pada tahap sebelumnya, rekanan dikenai denda lantaran melebihi ketentuan anggaran. Nurbandi menjelaskan, mundurnya pengerjaan hingga melebihi ketentuan anggaran dikarenakan ada pemindahan instalasi listrik yang ada di sekitar proyek pembangunan. Dinas pun harus memberikan perpanjangan waktu untuk menyelesaikannya.

“Semoga tahap ketiga tidak terlambat lagi karena masalah utama [instalasi listrik] sudah digeser PLN,” jelasnya.

Advertisement

Ia menargetkan pembangunan tahap ketiga selesai Bulan Desember ini. Sehingga pada tahun anggaran baru bisa diteruskan dan masuk proses finishing. “Target [Pasar Prambanan] selesai 2016. Kami optimis selesai tepat waktu,” tegasnya.

Terkait biaya, pagu anggaran untuk tahap ketiga sebesar Rp30 miliar. Rp25 miliar dari APBD 2015 Kabupaten Sleman dan Rp5 miliar dari APBD DIY.

Pembangunan Pasar Sleman juga masih menjadi PR besar bagi Pemkab Sleman. Berdasarkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) DPUP Sleman 2015, pembangunan Pasar Sleman yang memasuki tahap dua tahun ini menggunakan pagu anggaran Rp14,7 miliar. Pada pembangunan tahap pertama, pihak rekanan sempat diputus kontrak karena tidak mampu memenuhi kewajiban.

Advertisement

“Ini baru proses pengadaan untuk pembangunan Pasar Sleman. Kami tinggal nunggu lelang dan mulai pengerjaan fisik pertengahan Juli,”  ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Kebupaten Sleman Tri Endah Yitnani menjelaskan, Pasar Prambanan dan Pasar Sleman merupakan dua di antara enam pasar yang akan dibenahi. Empat pasar lainnya ialah Gamping, Godean, Tempel, dan Pakem.

“Pembenahannya bertahap. Saat ini kami fokus pada Pasar Prambanan dan Sleman,” ungkap Endah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif