Jogja
Rabu, 1 Juli 2015 - 16:21 WIB

INFO MUDIK : Arus Lebaran, Terminal Semin Belum Bisa Difungsikan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja melakukan pembangunan ruang tunggu di calon terminal Semin, Selasa (30/6/2015). (Harian Jogja/David Kurniawan)

Info mudik dari Gunungkidul, Terminal Semin belum bisa difungsikan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Gunungkidul memastikan Terminal Tipe C di Semin belum bisa digunakan saat lebaran. Saat ini proses pembangunan masih berlangsung dan diperkirakan uji coba baru terlaksana di akhir tahun nanti.

Advertisement

Sekretaris Dishubkominfo Gunungkidul Budi Santoso mengatakan, rencana awal terminal tersebut bisa digunakan saat lebaran. Hanya saja, dikarenakan ada kendala saat proses lelang, maka penunjukan rekanan mundur dari jadwal yang ditentukan.

“Akibatnya pengerjaan jadi mundur. Dampak lainnya, terminal ini belum bisa digunakan saat lebaran,” kata Budi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (30/6/2015).

Dia menjelaskan, upaya pengerjaan saat ini difokuskan pembangunan ruang tunggu penumpang. Harapannya pada 30 Juli nanti, pengerjaan bisa selesai.

Advertisement

Pembangunan ruang tunggu ini hanya sebagian kecil dari proses finalisasi terminal. Untuk anggaran, proyek ini didanai dari dua mata anggaran, yakni APBD kabupaten dan provinsi.

“Nanti setelah pembangunan ini selesai, proses selanjutnya tahap akhir pembangunan dengan upaya pengaspalan,” ujar Budi.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dishubkominfo Gunungkidul Sunarjo menambahkan, proses pembangunan terminal Semin ditargetkan selesai di akhir tahun, sehingga saat itu juga bisa dilakukan uji coba pengoperasian. “Masih dalam proses dan mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu,” kata Sunarjo.

Advertisement

Dia menjelaskan, untuk penyelesaian program telah disediakan anggaran Rp3,8 miliar. Rincian Rp465 juta berasal dari APBD kabupaten, dan sisanya Rp3,4 miliar berasal dari Pemerintah DIY. “Program yang berjalan saat ini didanai pemkab, sedangkan pengerjaan program dari provinsi masih dalam tahap lelang,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif