Jogja
Sabtu, 5 September 2015 - 01:20 WIB

PEMKAB SLEMAN : Festival Upacara Adat Perlu Dilestarikan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga kampung Kriyanan RW 06, Wates menggelar upacara peringatan HUT RI ke 70 berbalut busana adat Jawa, Senin (17/8/2015). (Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Pemkab Sleman terus mendorong tradisi setempat.

Harianjogja.com, SLEMAN-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman akan menggelar Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya Tahun 2015, Sabtu-Minggu (5-6/9/2015). Kegiatan yang diikuti kontingen perwakilan 17 kecamatan akan dilaksanakan di taman parkir Museum Gunungapi Merapi (MGM) Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem.

Advertisement

Festival ini menyajikan pertunjukan kolosal tradisi unggulan yang ada di kecamatan. Tujuannya untuk mewariskan nilai-nilai kearifan lokal kepada masyarakat khususnya generasi muda. “Juga untuk wahana apresiasi yang bermakna bagi para pelaku ritual upacara adat dan tradisi budaya serta masyarakat umum,” kata Kepala Disbudpar Sleman, AA Ayu Laksmi Dewi, Kamis (3/9/2015).

Menurutnya upacara adat dan tradisi budaya perlu dilestarikan dan dikembangkan karena akan membentuk lingkungan masyarakat yang memiliki toleransi, kegotongroyongan dan rasa kebersamaan yang tinggi. Harapannya selain menjadi sajian pertunjukan budaya, ajang ini menumbuhkan kompetisi positif antar kecamatan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif