Jogja
Kamis, 29 Oktober 2015 - 08:20 WIB

Kementerian Setneg Gandeng Harian Jogja Sosialisasikan Informasi Publik

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan Internet menggunakan smartphone (Istimewa/Huffington Post)

 

Kementerian Setneg menyasar media sosial untuk informasi publik.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Memperluas akses informasi publik, Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) mulai menggandeng media lokal.

Hal itu terungkap dalam kegiatan kunjungan perwakilan Kemensetneg ke Griya Harian Jogja, Rabu (28/10/2015). Kunjungan diikuti Kabid Peliputan dan Dokumentasi R. Aribertus Nosupijanto Dwidjoadji, Kasubid Pengelolaan Media Publikasi Kehumasan Akhmad Firmannamal, dan Analis Media dan Jurnalistik Rangga Herdi Seno Prakoso. Mereka diterima langsung oleh Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono.

Akhmad Firmannamal mengungkapkan instansinya menyelenggarakan dukungan teknis dan administrasi serta analisis urusan pemerintahan di bidang kesekretariatan negara untuk membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Advertisement

“Kami tidak berhubungan langsung dengan masyarakat, namun ada informasi yang ingin kami sampaikan kepada masyarakat,” katanya.

Atas dasar itu, pihaknya menggandeng media massa. Selama ini, hanya media massa nasional yang menjadi sarana, namun, ke depan, pihaknya akan mulai bekerjasama dengan media massa lokal, salah satunya Harian Jogja.

“Misalnya tentang bagaimana cara pelaporan kepada presiden, serta agar info-info yang beredar di masyarakat itu info yang benar,” tambahnya.

Advertisement

Rangga Herdi menambahkan selain memberi informasi, pihaknya memiliki divisi monitoring dan analisa yang memantau bagaimana informasi pemerintah dipotret media, karena berujung pada opini publik. Ada pula divisi pengelolaan informasi publik yang memberi informasi untuk publik.

Menanggapi hal itu, Anton mengungkapkan Harian Jogja terbuka untuk bekerjasama dengan semua elemen, karena media ini tidak memihak. Harian Jogja juga memiliki porsi untuk berita lokal, nasional bahkan halaman berbahasa Jawa.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif