Jogja
Minggu, 29 November 2015 - 00:20 WIB

Angin Kencang Robohkan Ratusan Pohon, Seorang Warga Terluka

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Angin kencang di Bantul robohkan ratusan pohon

Harianjogja.com, BANTUL- Angin kencang disertai hujan deras menerjang sejumlah desa di Kecamatan Kasihan, Bantul,  Sabtu (28/11/2015) sore. Lebih dari lima rumah rusak, ratusan pohon tumbang dan satu orang terluka.

Advertisement

Bencana yang terjadi sekitar Pukul 14.00 WIB itu melanda Desa Tamantirto, Bangunjiwo dan Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul hingga Sabtu sore mencatat ada sekitar delapan lokasi yang diterjang angin kencang dengan kondisi paling parah berada di sekitar kawasan Kampus Universitas Muhamadiyah (UMY) Jogja di Desa Tamantirto.

Warga Dusun Ngebel, Tamantirto, Kasihan yang juga mahasiswa UMY Ayu Mulia menceritakan, angin kencang tiba-tiba datang dan merobohkan pohon serta bangunan. “Kejadiannya berlangsung hampir satu jam,” ungkap Ayu Mulia, Sabtu sore.

Di Kampus UMY, atap gedung rektorat rusak, satu buah kantin hancur tertimpa pohon. Sedangkan fasilitas seperti meja kursi yang berada di lobi kampus berserakan tertiup angin.

Advertisement

“Saat angin reda saya langsung ke kampus melihat situasi, kursi-kursi sudah berserakan, ada yang mengangkut barang-barang dari kantin yang tertimpa pohon,” kata dia.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bantul Anton Viktori mengatakan, hingga Sabtu malam lebih dari 100 pohon tumbang akibat bencana terparah selama musim hujan tahun ini. Sebagian pohon tumbang menimpa rumah dan menghalangi sejumlah ruas jalan.

“Kalau ratusan ada pohon yang tumbang. Tapi untuk yang menghalangi jalan sudah dievakuasi,” kata Anton yang masih berada di lokasi kejadian hingga Sabtu malam.

Advertisement

BPBD sejauh ini mencatat, terdapat lima bangunan rumah yang rusak termasuk salah satu balai dusun. Kerusakan bervariasi dari mulai rusak ringan seperti atap rumah yang beterbangan hingga sebagian bagunan rumah yang ambruk. “Kalau ambruk total tidak ada,” papar dia.

Angin kencang juga menumbangkan tiang listrik.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif