SOLOPOS.COM - Suasana eksekusi anggota DPRD gunungkidul periode 1999-2004 dalam kasus tunjangan DPRD tahun anggaran 2003-2004. (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Sebanyak 11 anggota DPRD Gunungkidul masuk Lapas Wirogunan

Harianjogja.com, JOGJA-Sebelas mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul menempati empat ruang khusus narapidana koruptor di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Jogja atau Lapas Wirogunan.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Empat ruangan tersebut kapasitasnya hanya untuk 50 orang dan sudah terisi oleh 39 narapidana koruptor. “Sekarang [dengan masuknya 11 eks anggota DPRD Gunungkidul] jadi 57 orang, kelebihan tujuh orang,” kata Kepala Lapas Wirogunan, Suherman, Rabu (18/1/2017).

Meski kelebihan kapasitas, Suherman mengklaim empat ruangan tersebut masih layak. Namun, jika ada tambahan lagi pihaknya akan menolak karena ruangan sudah tidak memungkinkan.

Diketahui masih ada 19 mantan anggota DPRD Gunungkidul yang dimungkinkan menyusul 11 temannya, namun proses hukumnya masih menggantung di Mahkamah Agung (MA).

Suherman mengatakan mantan anggota DPRD Gunungkidul yang sudah masuk Lapas,  masih dalam tahap pengenalan lingkungan. Kesehatan mereka juga selalu dipantau oleh tim medis Lapas setempat, karena sebagian besar mereka usianya sudah tua, bahkan ada yang sudah sakit-sakitan.

Pihak Lapas pun akan mempertimbangkan memberikan kasur tebal jika ada rekomendasi dari tim medis. “Yang sudah bongkok, yang sakit stroke kalau memang membutuhkan kasur tebal kmi pertimbangkan sesuai rekomendasi medis,” kata Suherman.

Kendati demikian, setelah sehari mendekam di lapas, Suherman mengaku belum ada keluhan dari 11 narapidana kasus tunjangan dewan 2003-2004 itu.  mereka, kata dia, menerima dan mulai membaur dengan narapidana lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya