SOLOPOS.COM - Peserta Pelatihan (JIBI/harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

Peserta Pelatihan (JIBI/harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sedikitnya 114 warga Kecamatan Wates mengikuti pelatihan pengembangan kapasitas di Gedung Sekolah Dasar (SD) Graulan, Giripeni, Wates, Minggu (15/9/2013). Mereka tergabung dalam Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Asisten Koordinator Community Development Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Perkotaan, Dedy Asmaka mengatakan kegiatan tersebut didanai melalui program Bantuan Langsung Mandiri (BLM) PNPPM 2013 untuk pengembangan kapasitas masyarakat. Setiap desa di Kecamatan Wates memperoleh dana Rp10 juta.

“Kegiatan yang dilakukan hari ini [kemarin] merupakan kluster kecamatan dan diikuti oleh perwakilan dari delapan desa, Materi kegiatan berupa program kemitraan dengan narasumber dari perbankan, kemudian upaya membangun jaringan, lalu pelatihan menulis,” ujar dia.

Khusus untuk pelatihan menulis, lanjutnya, panitia menghadirkan Kepala Teknologi Informasi dan Humas Sekretariat Daerah Kulonprogo, Rudy Widyatmoko yang menyampaikan materi seputar keterbukaan informasi di kabupaten itu.

Masyarakat diharapkan berperan aktif memanfaatkan keterbukaan informasi seperti menghadiri pertemuan Kamis pagi serta mendengarkan siaran radio bupati menyapa.

Sementara pembicara lainnya, menurut Dedy yakni reporter Harian Jogja Rizal Fernandez yang memaparkan tentang teknik dasar menulis berita serta melakukan wawancara. Dedy melanjutkan nantinya para peserta bisa berpartisipasi dalam media warga yang menginformasikan kegiatan pemberdayaan di lingkungan sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya