SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Istimewa Logo KPU

JIBI/Harian Jogja/Istimewa
Logo KPU

Harian Jogja.com, KULONPROGO – Panitia Seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulonprogo, menyatakan 14 calon tidak lolos seleksi pada tahap tes tertulis, kesehatan dan psikologi.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

“Sebanyak 14 calon tersebut gagal karena tidak lolos pada tahapan tes psikologi. Padahal tes psikologi memiliki bobot nilai yang besar dibandingkan dengan tes lainnya,” kata Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kulonprogo, Heri Purwata, Minggu (14/7/2013).

Heri mengatakan sebelumnya ada 29 peserta yang mengikuti tiga tes yaitu tertulis, kesehatan dan psikologi. Namun yang lolos hanya 15 calon.

“Untuk tahap seleksi berikutnya yakni tahapan wawancara, bawah batas minimum peserta seleksi setelah mengikuti tiga tes minimal 15 dan paling banyak 20 orang. Sehingga jumlah peserta yang lolos ini telah memenuhi batas minimum,” kata dia.

Sementara dari lima pejabat kini KPU Kulonprogo yang kembali mendaftar, kata Heri, ada satu yang tidak lolos. Namun, dirinya enggan menyebutkan namanya, karena belum diumumkan secara resmi melalui media massa.

Adapun lima pejabat kini KPU Kulonprogo yang mendaftar yakni Marwanto, Panggih Widodo, Siti Ghoniyatun, Warsono dan Muh Isnaini.

“Ada satu pejabat kini yang tidak lolos pada tahapan tes psikologi. Tes ini sangat menentukan apakah yang bersangkutan akan lolos atau tidak pada tahapan berikutnya,” kata Heri.

Lebih lanjut, ia mengatakan, bagi 15 calon yang lolos, akan mengikuti tes wawancara pada Rabu (17/7/2013). Pada tahap ini, panitia akan memilih 10 calon yang terbaik untuk diajukan ke KPU DIY.

Nama-nama 10 calon yang lolos pada tes wawancara, lanjut dia, nanti akan kirim ke KPU DIY. KPU kemudian akan kembali melakukan uji kelayakan pada 10 calon, untuk ditetapkan sebagai komisioner KPU Kulonprogo periode 2013-2018.

“Mereka akan ditetapkan sebagai komisioner KPU sebelum Oktober 2013. Kemudian mereka akan melaksanakan tugas pertamanya yakni menyelenggarakan Pemilu 2014,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya