SOLOPOS.COM - Pantai Parangtritis, salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Solopos.com, BANTUL — Sebanyak 15.443 wisatawan tercatat mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada saat momen libur Iduladha 1444 Hijriah. Dari jumlah wisatawan tersebut, pendapatan asli daerah yang mampu dihimpun pemkab yakni senilai Rp149,7 juta.

“Data kunjungan wisatawan ke Bantul dalam dua hari pada Rabu [28/6/2023] dan Kamis [29/6/2023] sampai pukul 18.00 WIB sebanyak 15.443 orang dengan PAD [pendapatan asli daerah] sebesar Rp149,7 juta,” kata Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Aji, Kamis malam.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Dia menyampaikan kunjungan wisatawan pada periode ini masih didominasi ke kawasan wisata Pantai Parangtritis, yakni angkanya mencapai 12.118 orang. Kemudian disusul kawasan Pantai Samas sebanayak 2.334 orang.

Selanjutnya kawasan Pantai Baru tercatat sebanyak 720 orang, kemudian Pantai Kuwaru berjumlah 75 orang, kawasan Pantai Gua Cemara berjumlah 65 orang, kemudian wisata alam Goa Selarong sebanyak 114 orang, dan terakhir Goa Cerme berjumlah 17 orang.

Menurut dia, kunjungan wisata ke destinasi Bantul tersebut mengalami kenaikan dibanding hari biasa. Namun angkanya belum signifikan, diprediksi lonjakan wisatawan libur Lebaran Haji 2023 terjadi dalam beberapa hari ke depan.

“Kunjungan wisata dalam dua hari ini, merayakan libur keagamaan mayoritas. Mungkin Sabtu dan Minggu melonjaknya,” katanya.

Dia mengatakan, guna meningkatkan pelayanan kepada wisatawan di tempat pemungutan retribusi (TPR) wisata, pihaknya mengoptimalkan semua petugas yang ada, berkoordinasi dengan personel instansi terkait.

Meski demikian, kata dia, dalam menyambut libur panjang Iduladha tahun ini, tidak ada agenda atau event di kawasan wisata di pemerintah, tetapi bagi masyarakat yang ingin mengadakan dipersilakan.

“Dari Dinas Pariwisata tidak ada agenda,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya