SOLOPOS.COM - Bus Trans Jogja (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Harianjogja.com, JOGJA-Tujuhbelas dari 20 bus Trans Jogja yang akan segera dikembalikan oleh Pemerintah DIY ke Pemerintah Kota Jogja dinyatakan lolos uji kelaikan kendaraan.

“Sudah dilakukan pengujian kendaraan. 17 dinyatakan lolos uji, satu armada harus diperbaiki dan dua lainnya dalam proses pengujian,” kata Kepala Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah (DBGAD) Kota Jogja Hari Setya Wacana, Selasa (28/1/2014).

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Pengujian kelaikan kendaraan untuk bus tersebut dilakukan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Jogja.

20 bus tersebut sebelumnya dipinjampakaikan oleh Pemerintah Kota Jogja kepada Pemerintah DIY untuk mendukung armada Trans Jogja. Namun, per 17 Desember 2013, perjanjian pinjam pakai antara kedua pemerintah daerah tersebut telah berakhir dan tidak diperpanjang, sehingga bus harus dikembalikan dalam kondisi laik jalan.

Pemerintah Kota Jogja sudah mengajukan usulan alokasi anggaran sebesar Rp350 dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Jogja 2014 untuk perawatan.

“Alokasi anggaran tersebut termasuk untuk penggantian suku cadang, uji kelaikan atau pengurusan administrasi kendaraan bermotor lainnya,” kata Hari yang akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Jogja dalam penggunaan anggaran itu.

Hari menambahkan, belum ada pemberitahuan lebih lanjut mengenai proses serah terima bus secara resmi dari Pemerintah DIY. “Harus ada berita acara penyerahannya, kami berharap dalam waktu dekat sudah ada proses serah terima bus,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya