Jogja
Selasa, 10 Juli 2012 - 10:01 WIB

2012 Apem Lewat Malioboro Akhir Pekan Ini

Redaksi Solopos.com  /  Harian Jogja  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (banggavann.blogspot.com)

ilustrasi (banggavann.blogspot.com)

JOGJA—Dalam rangka Jogja Apeman Ruwahan Malioboro, Community of Malioboro (COMA) akan menyelenggarakan kirab 2012 apem berbentuk golong gilig. Rencananya kegiatan ini dilaksanakan, Sabtu (14/7) pukul 15.00 WIB dari Kantor Dinas Pariwisata DIY menuju Komplek Kepatihan Jogja.

Advertisement

Ketua Panitia Jogja Apeman Ruwahan Malioboro, Imam Sastranegara mengatakan apeman ini sebagai bentuk keprihatinan atas kekerasan yang berulangkali terjadi di Jogja. Selain itu Coma juga menolak aksi kekerasan. Jumlah apem sebanyak 2012 melambangkan tahun ini.

“Akhir-akhir ini kekerasan banyak terjadi di Jogja, kami mengecam aksi tersebut sekaligus menolak adanya tindak kekerasan karena Jogjakotayang aman,” terangnya di Kepatihan Jogja, Senin (9/7).

Apem sendiri secara bahasa berarti memohon ampun. Untuk itu sikap saling maaf memaafkan seharusnya menjadi koreksi setiap individu sebelum memasuki Ramadan yang tinggal sepuluh hari lagi.

Advertisement

Makanan khas, apem yang berbentuk golong gilig dibuat para ibu-ibu komunitas malioboro. Masing-masing membuat apem sendiri kamudian dikumpulkan secara kolektif untuk dikirab. Selain apem, panitia menyediakan sejumlah gunungan untuk dikirab. Apem dan Gunungan diperebutkan oleh warga di depan gerbang kepatihan.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : 2012 Apem Golong Gilig
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif