SOLOPOS.COM - ilustrasi

 

JOGJA-Dinas Perhubungan (Dishub) Jogja berencana mengubah arus lalu lintas di dua ruas Jalan Prof. Yohanes dan C. Simanjuntak dari dua arah menjadi searah. Langkah itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan volume kendaraan di ruas jalan tersebut.

Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Dishub Jogja Azhar Setiawibawa mengatakan tingginya volume kendaraan menjadi alasan perubahan arus di dua ruas jalan tersebut. Diharapkan, kebijakan yang akan diterapkan mulai 2004 itu mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di dua wilayah tersebut.

“Rencananya, arah arus lalu lintas di Jl. Prof. Yohannes satu arah dari Selatan menuju Utara. Adapun Jl. C. Simanjuntak dari Utara menuju Selatan,” kata Azhar (12/3/2013).

Ia mengungkapkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah DIY dan Pemkab Sleman. Sebab, kedua ruas jalan itu berada di perbatasan dengan Sleman. Sementara kepada masyarakat, Dishub akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan para juru parkir.

Menurut Azhar, jika selama ini, parkir kendaraan di kedua ruas jalan itu berada di dua sisi jalan. Bila kebijakan itu diterapkan, maka parkir diatur di satu sisi jalan. Hal itu dilakukan agar perubahan arah arus lalu lintas mampu mengurai kepadatan kendaraan.

“Tentu (penerapan) ini masih perlu didalami lagi terutama dari aspek sosial dan dampaknya kepada masyarakat. Seperti faktor ekonomi dan parkir yang perlu diperhatikan. Parkir nanti akan diatur searah,“ paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya